PENGARUH PENGELOLAAN KELAS PEDULI AGRESI/BULLYING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN PERILAKU AGRESI/BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ratna Widiastuti

Abstract


Karakter anak bangsa terbentuk melalui berbagai kualitas diri, seperti kemampuan bersosialisasi sesuai norma dan berprestasi. Salah satu perilaku yang tidak sesuai/menyimpang dari karakter positif bangsa adalah agresi/bullying, yang berpotensi membuat anak menjadi pelaku kriminal dan berprestasi rendah. Pendidikan dapat membentuk karakter dan watak anak bangsa; sehingga anak akan lebih bermoral, mudah beradaptasi dan mengembangkan diri secara optimal. Program pengelolaan kelas peduli agresi/bullying menciptakan situasi dan kondisi kelas yang bebas dari agresi/bullying melalui pemberian hadiah/token economy oleh guru untuk perilaku non agresi/bullying di kelas, meningkatkan empati terhadap korban, dan mendukung kelompok sebaya menentang agresivitas/bullying. Hipotesis penelitian ini adalah: ada peningkatan prestasi akademik dan penurunan perilaku agresi/bullying terhadap siswa Sekolah Dasar. Subjek penelitian sebanyak sepuluh siswa pelaku agresi/bullying dalam satu kelas. Perubahan prestasi akademik dilihat dari nilai tes harian dan pengumpulan tugas; perubahan perilaku agresi/bullying dilihat melalui observasi. Hasil analisis dengan uji Sign menunjukkan peningkatan prestasi akademik secara signifikans dengan p=0,004 (p<0,05) dan penurunan perilaku agresi/bullying secara signifikans dengan p=0,002 (p<0,05). Kendala penelitian ini adalah perlunya keterlibatan pihak sekolah secara keseluruhan dan orang tua; serta perlunya konseling pribadi agar hasilnya lebih optimal.

Kata kunci: pengelolaan kelas peduli agresi/bullying, prestasi akademik, agresi/bullying.


Full Text:

PDF

References


Baron,R.A., & Bryrne, D.B., 1994. Social Psychology. Understanding Human Interaction.

Boston: Allyn & Bacon.Budi,I.Y. 2001. Kesehatan Jiwa Orang Indonesia, Buruk! Dalam Fit. April 2002:10

Eron, L., Huesmann,R., & Spindler, A. 2002 A Cognitive – Ecological Approach to Preventing Aggression in Urban Setting: Initial Outcomes for High-Risk Children. Journal of Consultation and Clinical Psychology. American Psychological Association. Vol. 70. No. 1. 179-194.

Farrington, D.P. 1993. Understanding and Preventing Bullying. Dalam Tony, M. & Morris, N. Crime and Justice. Vol. 7. Chicago: University of Chicago Press.

Gross, D., Fogg, L. Webster-Stratton, C.Garvey, C., Julion, W., & Grady, J. 2003. Parent Training of Toddlers in Day Care in Low Income Urban Communities. Journal of Consultation and Clinical Psychology. American Psychological Association. Vol.71. No. 2.261-278.

Lache, A. 2004. Jangan Ada lagi tinju di TK. Intisari. Edisi Desember: 112-117

Nardi, A.D. & Petr. 2003. Community Health and Wellness Needs Assessment: A Step By Step Guide. Illionis: Thomson Dalmar Learning.

Syah, M. 1995. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Wilson, S.J., Lipsey, M.W., & Derzon, J.H., 2003 The Effects of School-Based Intervention Programme on Aggressive behavior: A Meta Analysis. Journal of Consultation and Clinical Psychology. American Pschological Association. Vol. 71. No. 1.136-147


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.