PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Abstract
The purpose of this study was to determined the increasing students' social interaction with peers through group counseling services. The method was used in this study is quasi-experimental with one-group pretest-posttest design. Subjects of this study were six students class VIII who have the low of social interaction with peers. Data collection techniques in this study used sociometry and observation social interaction of students with peers. Results of this study indicate that there was an increase in students' social interaction with peers through group counseling services. This is indicated by an increase in students' social interactions with peers in six eighth grade students. The conclusion of this study is that there was an increase in students' social interaction with peers through group counseling services.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak enam siswa kelas VIII yang memiliki interaksi sosial rendah dengan teman sebaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Sosiometri dan Observasi interaksi sosial siswa dengan teman sebaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya pada enam siswa kelas VIII. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, interaksi sosial, konseling kelompok.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno, dkk.1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang
Santoso. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama
Santrock, J W. 2007. Remaja Edisi 11 Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
______,2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.