PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA

Yulia Malida Sari, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The purpose of this this study to determine the reduction of aggressiveness by using counselling group. The method of this research is quasi experimental method teqhnique of one-group pretest-posttest design. Subject of this research are 6 aggressive students of grade VIII.  The technique in gained the data of this research is by using observation handbook. The result of this research showed that the aggressiveness of student can reduce by using counselling group service, it showed from the data analysis that use wilcoxon test, from the result of pretest and posttest gained tarithmathic=-2,226< ttable= 0 so, Ho is rejected and Ha is received, it means that the aggressiveness of student can minimize by using counselling group service. Conclusion of this research is aggressiveness can reduce by using counselling group service of the students grade VIII SMPN 3 Sukadana.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengurangan perilaku agresif dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIII yang memiliki perilaku agresif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku agresif dapat dikurangi dengan menggunakan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Ζhitung = -2.226 < Ζtabel = 0 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya perilaku agresif siswa dapat dikurangi dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perilaku agresif dapat dikurangi dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII SMP N 3 Sukadana.

 

Kata kunci : bimbingan dan konseling, konseling kelompok, perilaku agresif siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2009. Optimalisasi Konseling Individu dan Kelompok untuk Keberhasilan Siswa. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. (Online), Vol 14. No. 1,( http:// ejournal.satinpurwokerto.ac.id, diakses 22 Mei 2013)

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama

Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT. Refika Aditama

Hurlock, Elizabeth. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia

Sarwono, Sarlito. 2004. Teori-Tepri Psikologi Sosial. Balai Pustaka : Jakarta

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Mungin. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT Unnes Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.