PENINGKATAN KEMANDIRIAN DENGAN MENGGUNAKAN TOKEN ECONOMY PADA ANAK USIA DINI

Siska Liana, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this study was to determine the increasing independence of young children using token economy in early childhood. The method used in this study is quasi experimental method with design Time Series. Subject of this study were six children who are less independent. Data collection techniques using observation. Results obtained in this study indicate that there is an increased independence after using token economy in children. Based on calculations of Wilcoxon test obtained p= 0.027; α=0.05 as the probability value <alpha, thus the Ha Ho accepted and rejected, which means there is an increase independence by using token economy in early childhood. Conclusions of this research were significant independence increased after token economy given in early childhood.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian dengan menggunakan token economy pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain Time Series. Subjek penelitian sebanyak enam orang anak yang kurang mandiri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ada peningkatan kemandirian setelah dilakukan token economy pada anak. Berdasarkan hasil perhitungan dari Wilcoxon diperoleh nilai p=0,027; α=0,05 karena nilai probabilitas < alpha, dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terjadi peningkatan kemandirian dengan menggunakan token economy pada anak usia dini.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemandirian yang signifikan setelah diberikan token economy pada anak usia dini.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, kemandirian, token economy.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 1991. Psikologi social. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto,S. 2006. Manajemen penelitian (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Latif, Syaifuddin. 2007. Modifikasi Perilaku Buku Ajar. Lampung: Universitas Lampung.

Martinis dan Jamilah. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Press.

Pratisti, Wiwien Dinar. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Susanto, Eko. Tips Mendidik Anak Kreatif. Mey 2008. Agustus 2012: http://eko13.wordpress.com/2008/05/18ekonomi-token-tips-mendidik-anak-kreatif/.

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.