Peningkatan Kemantapan Pilihan Karir Melalui Layanan Konseling Kelompok REBT Pada Siswa SMK

Yeni Cahyati, Muswardi Rosra, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem in this study is the stability of student career choices is low. The purpose of this study is to improve the stability of career choices through REBT group counseling services in class XI students at SMK Negeri 1 Talangpadang 2019/2020 school year. The method in this research is quasi experimental design nonequivalent control group design. Research subjects were 8 experimental groups and 8 control groups. Data collection techniques use the scale of career choice stability. The results of data analysis using the Mann Whitney Test data obtained value (Sig.) 0.003 <0.05, meaning that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of the study is that there are differences in the value of the stability of career choices in students who get treatment with students who do not get Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) counseling in class XI students at SMK Negeri 1 Talangpadang 2019/2020 school year.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemantapan pilihan karir siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemantapan pilihan karir melalui layanan konseling kelompok REBT pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Talangpadang tahun ajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 8 orang kelompok eksperimen dan 8 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemantapan pilihan karir. Hasil analisis data menggunakan uji data Mann Whitney Test diperoleh nilai (Sig.) 0,003 < 0,05, artinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan nilai kemantapan pilihan karir pada siswa yang mendapatkan perlakuan dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Talangpadang tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: kemantapan pilihan karir, konseling kelompok, rebt


Full Text:

PDF

References


Arifah. (2010). Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Kemandirian Siswa dalam Memilih Karir pada Siswa Kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Penelitian FIS Universitas Negeri Malang. 2(2), 45-51.

Bayu. & Denta. (2016). Penerapan Konseling Kelompok Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kemantapan Pilihan Karir Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akutansi SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal BK UNES. Vol.1, 127-134.

Corey, G. (2009). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Evi, M.S. (2014). Penereapan Bimbingan Kelompok untuk Kemantapan Pilihan Karier Siswa Kelas X-3 SMA Sunan Drajat Sugio-Lamongan. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya. Vol.4(3), 1-6.

Ginevra, M. C., Nota, L., Ferrari, L. (2015). Perental Support in Adolescent’s Career Develepment: Parents’s and Children’s Perceptions. The Career Develepment Quartely. Vol.2, No.3, 2-15.

Habsy, B. A. (2018). Model Bimbingan Kelompok PPPM Untuk Mengembangkan Pikiran Rasional Korban Bullying Siswa SMK Etnis Jawa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) UNY. Vol.1, No.2, 91-99.

Herlina, N., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2013). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian dalam Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Vol 1, 1-5.

Komalasari. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks

Mutiara, H. & Dian, R.S. (2017). Dukungan Orang Tua dan Kematangan Karir pada Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Jurnal Empaty UNDIP. Vol.6(1), 301-306.

Muwakhidah, M. & Cindy, A. (2017). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk MengurangiKeraguan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling UNES. Vol.2. (2), 66-75.

Resi, G.N. & Hepi, W. (2018). Konseling Karir Kelompok Cognitive Information Processing Untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Journal of Psychological Science and Profesion (JPSP). Vol.2, No.1, 127-138.

Triyoso, A.P. (2015). Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rasional-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Pengembangan Kemampuan Berfikir Positif Pada Siswa Kelas Viii Mtsn Sale Rembang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal BK Universitas Nusantara. Vol.1, 210-219.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.