Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kematangan Pilihan Karir

Alriza Rahayu Rahmawati, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The problem in this research was career option maturity students. The purpose of this research was to find out that group guidance can influence career maturity students in class XII of SMA Negeri 1 Tumijajar Academic Year 2019/2020. The method of this research was quasi experimental with pretest and posttest design. Research’s sample selected purposive sampling technique. The study population was 36 students with sample 11 peoples. Data collection techniques used a scale of career maturity.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kematangan pilihan karir siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tumijajar Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest dan posttest. Sample penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 siswa dengan sample 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kematangan karir.

Kata kunci: bimbingan Konseling, layanan bimbingan kelompok, kematangan karir



Full Text:

PDF

References


Aji, S.G. (2019). Pengaruh Kematangan Karir Terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Vol. 5 No. 9. 2019. Diakses Januari 2020.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul . Jurnal PSIKOPEDAGOGIA. Vol. 3 No. 2. 2014. Diakses pada Januari tahun 2020.

Hanim, M. I. (2013). Layanan Informasi Karier Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti. Vol 3 No 1 diakses oktober 2018

Humaira, A. (2019). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Focus Group Discussion Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling. Vol. 4 No. 2. 2019. Diakses pada Januari tahun 2020.

Korahama, E. K. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 6 No. 1. 2017. Diakses pada Januari 2020

Leksana, M. D. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan

Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 2 No.1. 2013. Diakses pada Januari 2020

Resi. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Tentang Pemahaman Karir Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X TKK Dan TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru diakses Juni 2019

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R

& D. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan Jakarta:PT. Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.