Hubungan Antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa SMK Darul Fikri

Dian Permata Sari HSB, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The problem in this study is the learning motivation. The aim of this research was to determine the correlation between peer interaction with students’ learning motivation at SMK Darul Fikri Pugung sub-district Tanggamus. This research method is quantitative. The population of this study was 239 students and the sample of 60 students was determined by simple random sampling technique. The data collection technique was use peer interaction scale and learning motivation scale and data analysis was use Product moment correlation. The result of this study show there is positive and significant relationship between peer interaction with learning motivation with the value of rCount = 0.659 >rTable = 0.254 the significant standard of p=0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMK Darul Fikri Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 239 siswa dan sampel berjumlah 60 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan skala motivasi belajar dan analisis data menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi rhitung = 0,659 > rtabel = 0,254 taraf signifikan p=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, motivasi belajar, pergaulan teman sebaya


Full Text:

PDF

References


Adhi, M. (2015). Pengaruh pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar terhadap pelajaran akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Temanggung. Jurnal Psikologi Perkembangan

(1), 11-22 . Cholifah, T.N. (2013). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Barunawati Kota Surabaya. Jurnal Online 3 (1), 17-28.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Evi, A. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 1 Sukodono. Jurnal Mahasiswi Bimbingan Dan Konseling 3 (1), 22-30.

Huda, A. (2013). Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Analtika 2 (1), 21-28.

Nasrul, A. (2014). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi dengan Tehnik Game. Jurnal Analtika 2 (1), 19-25.

Nurlaili, M. (2009). Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Psikologi Perkembangan 3 (1), 22-29.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, P. (2010). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Online Psikologi 2 (1), 15-26.

Widodo, E. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 3 Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 2 (1), 25-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.