Peningkatan Motivasi Belajar dengan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung

Yeni Yunita Sari, Shinta Mayasari, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem of the study was the fact that students' motivation in learning is in low level. The problem was formulated as "Can we improve students' learning motivation through group guidance service". The purpose of this study was to determine the improvement in learning motivation through group guidance service in grade VIII of Publich Junior High School 19 Bandar Lampung in 2018/2019 academic year.This study applied pre-experimental method with one-group pretest-posttest design. The subjects of this study were 8 students with low, medium and high learning motivation level. The data collection technique was carried out using a scale of learning motivation. The data analysis which was done using the Wilcoxon Test showed an increase in students' learning motivation after being treated with group guidance service. The value was 0.03 <0.05. It indicated that Ho was rejected and Ha was accepted, which meant there was a significant improvement on students' learning motivation after being treated with group guidance service.It can be concluded that students' learning motivation can be improved through group guidance service on students of Public High School 9 Bandar Lampung in Academic Year of 2018/2019.

Masalah penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah motivasi belajar dapat meningkat melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan sebesar 0,03<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan penerimaan diri yang signifikan setelah diberi layanan bimbingan kelompok.  Kesimpulannya adalah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci:  Bimbingan kelompok, Konseling kelompok dan Motivasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Aidha, Harners. 2013. Penerapan Bim-bingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk meningkatkan Mo-tivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Ngariboyo (jurnalpendidikan.http://www.scribd.com/doc/156105541#download(diunduh 05/06/14).

Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan. Vol 2. Http//bpk-penabur.or.id//

diakses tanggal 7 Juli 2018

Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Azwar,S. 2012. Penyusunan Skala Psikologis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chandra. 2017. Peranan Konselor dalam Meningkatkan Mo-tivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi di MTs Swasta Proyek Kandepag Medan TA. 2016/2017.http://repository.uinsu.ac.id/2278/diakses tanggal 16 Febuari 2018

Djahrudin, dan Rini Fatmawati.2006. PenerapanStrategiPembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran IPS(jurnal pendidikan). Vol7,No2http://jurnal.pdii/lipi.go.id/admin/jurnal/1020899110.pdf

Ghufron, Moh 2007. “Pengaruh pe-rilaku Pembelajaran Dan Mo-tivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Pe-ndidikan. Vol 2 http://e-journal.-unp.ac.id/index.diakses tanggal 5 Mei 2018).

Husairi,A. 2008. Manajemen Pe-layanan Bimbingan & Kon-seling di Sekolah.Depok: Arya Duta.

Mudjiono.2006. Belajar dan Pem-belajaran. Jakarta; PT Rineke Cipta

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sardiman,A. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyaningtyas, Hidayah Ratna. 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Rendah pada Siswa Kelas IX F melalui Konseling Rasional Etimotif di MTs Negeri Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi:UNNES.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R & D)

Suharini. 2006. Efektivitas Layanan Konsultasi kepada Orang-tua dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus I Gondokusuman Yogyakarta.Tesis :UNNES.

Sumantri, Bambang (2010) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI NGAWI Tahun Pe-lajaran 2009/2010.Jurnal Media Prestasi Vol. 6 No.3. http://e-journal.ikipveteran.ac.id/index.php/kes/article/view/324

diakses tanggal 7 Juli 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.