Penggunaan Informasi Karier Bimbingan Kelompok Untuk Memantapkan Rencana Studi Perguruan Tinggi Siswa
Abstract
The problem in research is that students are not stable enough in their plans to study in tertiary institutions. This study aims to determine the use of career information in group guidance to strengthen study plans for tertiary education in class XI students of SMA Negeri 7 Bandar Lampung. This study uses a pre-experimental method with one group pretest and posttest design. Research subjects were 20 students. Data collection techniques using a scale of study plans to college. The results of data analysis using the Wilcoxon test obtained zcount = -3,922 ≤ ztable = 1,645. In accordance with the provisions in the Wilcoxon test, if zcount ≤ ztable then Ho is rejected and Ha is accepted. So from the results of the study it can be concluded that career information in group guidance can be used to strengthen study plans for tertiary education in class XI students of SMA Negeri 7 Bandar Lampung.
Masalah dalam penelitian adalah siswa kurang mantap terhadap rencana studi ke perguruan tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan informasi karier dalam bimbingan kelompok untuk memantapan rencana studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala rencana studi ke perguruan tinggi. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon diperoleh zhitung = -3.922 ≤ ztabel = 1,645. Sesuai ketentuan dalam uji Wilcoxon, jika zhitung ≤ ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa informasi karier dalam bimbingan kelompok dapat digunakan untuk memantapkan rencana studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung.
Kata kunci: bimbingan kelompok, informasi karier, rencana studi perguruan tinggi
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 1 (1), 45-56.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Dahlan, N. (2015). Efektifitas Informasi Karir Dengan Media Buku Ber-gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Sudi Lanjut Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. 1 (1), 77-83.
Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karier Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karier. Jurnal Konseling Gusjigang. 1 (1), 1-12.
Listianah. (2013). Penerapan Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Movie Meker Untuk Meningkatkan Pemahaman Memilih Studi Lanjut Pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 1 (1), 158-165.
Mujiatul, H. (2013). Layanan Informasi Karier Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Kelas XI IPA SMAN 1 Menganti. Jurnal BK UNESA. 3 (1), 183-190.
Mulyono., & Rosmawati., & Umari, T. (2015). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Minat Siswa Tentang Perguruan Tinggi Kelas XI Farmasi Ikasari Pekanbaru T.P 2014/2015. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pekanbaru: Universitas Riau. 1 (1), 1-12.
Nursalim, M., & Setyowati, D. (2009). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Uni-versitas Negeri Surabaya. 10 (2), 1-13.
Suliganistya, T. (2013). Penerapan Layanan Informasi Karier dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemantapan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA. 3 (1), 55-63.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.
Sutrisno, E. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 2 Boyolangu. Jurnal Simki Pedagogia. 1 (8) 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.