Peningkatan Personal Growth menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Tema Tipe-Tipe Emosi

Alvin Alessandro, Yusmansyah Yusmansyah, Moch Johan Pratama

Abstract


The problem of this research is the low of personal growth of students. The purpose of this study is to increase personal growth of new students in Bimbingan Konseling of FKIP Lampung University 2018. The research design used in this research is pre-experimental. There were 20 research subjects divided into two groups; control group and experimental group. The research sample was obtained through voluntary sampling. Data collection technique uses personal growth scale. The results of the analysis using the mann withney test obtained value (sig.) 0,000 <0.005 means that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that the guidance of group discussion technique in which the themes are emotional types can increase the personal growth of new students in Bimbingan Konseling  FKIP Lampung University 2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya personal growth pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan personal growth pada mahasiswa baru Bimbingan Konseling FKIP Universitas Lampung tahun 2018. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental. Subjek penelitian sebanyak 20 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel penelitian di peroleh dengan cara voluntary sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala personal growth. Hasil analisis data menggunakan uji mann withney test diperoleh nilai(sig.) 0,000 < 0,005 artinya Ho di tolak dan Ha di terima sehingga dapat di simpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dengan tema tipe-tipe emosi dapat meningkatkan personal growth mahasiswa baru Bimbingan Konseling FKIP Universitas Lampung tahun 2018.

Kata kunci: bimbingan kelompok teknik diskusi, personal growth, tipe-tipe emosi

 

 


Full Text:

PDF PDF

References


Aswida, W. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 1 Nomor 1.

Diambil dari

Augesti. (2015). Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal MAJORITY. Vol 4 No 4. Diambil dari

Corey. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. 8th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-Cengage Learning.

Elfira, N.( 2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1. Diambil dari

Estiane, U. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Volome 4 No 1. Diambil dari

Indrianie, Efnie. (2012). Culture Adjustment Training untuk Mengatasi Culture Shock pada Mahasiswa Baru yang Berasal dari Luar Jawa Barat. Jurnal Insan. Volume 14 Nomor

Jacobs. (2012). Group Counseling: Strategies and Skills. 7th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-Cengage Learning.

Orloff, J .(2009). Emotional Freedom, Liberate Yourself From Negatif Emotions And Transform Your Life. New York: Harmony Sesitive People.Colorado. Sound True

Rizkina, M.(2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Diskusi Kelompok melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII E di Smpn I9 Semarang. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 2 Nomor 3. Diambil dari

Ryff, C. D. (2014). Psychological Well-Being resvisited: Advancesin the science and practice of Eudaimonia. Ppsychother psychosom, 83,10-28.

Santrock, W.J. (2011). Educational Psychology. Salemba Humanika. Jakarta.

Schmied, V. dan Tully, L. (2009). Effective Strategies and Interventions for Adolescents in a Child Protection Context : Literature Review. Ashfield, N. S. W. NSW Dept. Of Community Services.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto S. (2015). Hubungan Antara Selfregulated Learning Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya. Volume 2. Diambil dari

Zaky, F. (2014). Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tahun Pertama Dan Tahun Kedua Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. JMC Siagian Volume 3 Nomor 4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.