Hubungan Komunikasi Keluarga dengan Kecenderungan Penggunaan Strategi Coping pada siswa
Abstract
The problem of this research is the use of negative coping strategy in students. The aim of this research is correlation of Family Communication with the trends of the use of straegy Coping in students eleven class of Senior High School 1 Gadingrejo Academic Year 2019/2020. Descriptive Correlational method was applied to this research with the population of this research was 374 students. Data Collecting technique of this research used family communication withstrategy coping. The data analysis technique of the research used product moment Corelation. The results of this research were gained so r hitung 0,791 ˃ r tabel 0,133 with significance level of 0,05%, meaning that thre is a significant positive correlationof family communication with the trends of the use of strategy coping, the higher the consensual family communication pattern, the higher the tendency of using coping strategy to focus on the problem, and vice versa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecenderungan penggunaan strategi copingnegatif pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara komunikasi keluarga dengan kecenderungan penggunaan strategi copingpada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran. 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 374 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala komunikasi keluarga dan strategi coping. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh yaitu r hitung 0,791 ˃ r tabel 0,133 dengan taraf signifikansi 0,05%, artinya terdapat hubungan positive yang signifikan antara komunikasi keluarga dan kecenderungan penggunaan strategi coping. Semakin tinggi komunikasi keluarga konsensual maka tingkat kecenderungan penggunaan strategi coping berfokus pada masalah semakin tinggi begitu juga sebaliknya.
Kata kunci: hubungan, komunikasi keluarga, strategi coping
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed. Rev. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fauziannisa, M. (2013). Hubungan antara Strategi Coping dengan Self-efficacy pada Penyalahguna Narkoba pada Masa Pemulihan. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, l.02(03), 40-45.
Lazarus, R.S., & Folkman, S. (1984). Personal Control and Stres and Coping Processes: a Theoritical Analysis. Journal of Personality and Social Psycology. 46(40), 839-858.
Koerner, A.F, & Fitzpatrick, M.A. (2002). You never leave your family in fight: The impact of family of origin on conflict behavior in romantic relationships. Communication studies, 53(54), 234-252.
Mafazi, N., & Nuqul, F. (2017). Perilaku Virtual Remaja: Strategi Coping, Harga Diri, dan Pengungkapan Diri dalam Jejaring Sosial Online. Jurnal Psikologi. 16(2), 6-12.
Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori dan Sumber dayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa. 1(2), 101-107.
Nailul, F. (2014). Hubungan Penggunaan Strategi Coping dengan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ningrum, N. (2012). Hubungan Antara Coping Strategy dengan Kenakalan Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi. 7(3), 29-35.
Prayascitta, P. (2010). Hubungan Antara Coping Stress dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Remaja yang Orang Tuanya Bercerai. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Primaldhi, A. (2015). Hubungan Antara Trait Kepribadian Neurotic sm, Strategi Coping, Dan Stres Kerja. Jurnal Psikologi 4(03), 39-43.
Pusungulaa, A. & Pantow, J. & Boham, A. (2015). Pola Komunikasi Keluarga dalam Mem-bentuk Karakter Anak di Kelurahan Beo Talaud. E-journal “ Acta Diurna”. IV(5),8-9.
Rimporok, P. (2015). Intensitas Komunikasi dalam Keluarga Untuk Meminimalisir Kenakalan Remaja di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. (Journal “Acta Diurna”. IV(1). 13-19.
Rohmanita, I. (2015). Hubungan Pola Komunikasi Keluarga terhadap Strategi Coping Stress Remaja di SMP Negeri 1 Pakis. Malang : Universitas Brawijaya
Saputra, A. (2017). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Pembentukan Stereotip dan Prasangka Antar Etnik Pada Remaa Etnik Lampung (Studi pada remaja etnik Lampung di Bandar lampung). Bandar Lampung: Universitas Lampung
Setyowati, Y. (2005). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(1), 17-23.
Wulandari, S. (2017). Hubungan Anatara Komunikasi Keluarga dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.