Peningakatan Percaya Diri Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi

Vista Ambar Wulan, Shinta Mayasari, Yohana Oktariana

Abstract


The problem with this research is the low of student’s self-confidence. The purpose of this research is to find out how to increase self-confidence with simulation game techniques in group counseling services of the student grade VIII Junior High School number 2 academic year 2019/2020. This research method is experiment. The research sub-subjects were 20 students who were divided into two groups, namely the control group and the experimental group. Data collection techniques using a scale of confidence. The results showed a change in student confidence after being given simulation game techniques in group counseling services This is indicated by an average increase of 8.04% and the results of data analysis using the Wilcoxon matched pairs test, obtained zcount= -2.803 <ztable = 1.645 then Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of the study is the simulation game techniques in group counseling services can be used to increase self-confidence in eighth graders of state junior high school 2 in the 2019/2020 school year.

Masalah penelitian ini percaya diri siswa yang rendah.Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan percaya diri dengan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Menggala tahun pelajaran 2019/2020.Metode penelitian ini adalah Eksperiment.Subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan Skala Percaya Diri.Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan percaya diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan rata – rata 8,04% serta hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh = -2.803 <= 1.645 maka Ho ditolak dan Ha diterima Kesimpulan penelitan adalah bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dapat digunakan untuk meningkatkan percaya diri pada siswa kelas delapan SMPN 2 Menggala Tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, percaya diri, teknik permainan simulasi


Full Text:

PDF

References


Asmara, T. (2018) Peningkatan Percaya Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi. Jurnal Bimbingan Konseling. 3 (1),7-12.

Dewi, Y. (2012). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X. Jurnal Bimbingan Konseling, 1 (2), 3-10.

Djannah, W., & Yulita, A. (2012).Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII B SMP Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.Jurnal Bimbingan Konseling. 1(3), 6-11 .

Hurlock, E. (2006). Psikologi Per-kembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima.Alih bahasa Istiwidayanti dan Seodjarwo.Jakarta : Erlangga.

Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian (A-lih Bahasa: D.H Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulwati, S. (2017). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas.18(13), 4-9.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Bimbingan Konseling . 1 (1), 4-7.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dalimunthe, L. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Percaya Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Jurnal Psikologi. 1(3), 2-9.

Rofiqah., & Ristantia.(2015). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Ditinjau dari Percaya Diri Siswa Kelas XI IPS di MAN Batam. Jurnal Bimbingan Konseling. 2 (2), 4-11.

Santrock. W. (2003).Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Al-fabeta.

Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling.2 (2), 3-12.

Winkel, W. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.