Hubungan antara Harga Diri dengan Interaksi Sosial pada Siswa Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung
Abstract
This research aimed to investigate the relationship between self-esteem and social interaction in tenth grade student of SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The research method is a quantitative approach. The sample of this research was 101 students taken by random sampling technique. Data collection techniques were the scale of self-esteem and the scale of social interaction. The data analysis technique applied product-moment correlation. The result of this research showed that there was a relationship between self-esteem and social interaction with a ratio of r count = 0.330> rtable = 0.193, with significance level p = 0.05. It could be concluded that there was a relationship between self-esteem and student social interaction.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 101 siswa diambil dengan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala harga diri dan skala interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara harga diri dengan interaksi sosial dengan nilai korelasi = 0,330 > = 0,193 taraf signifikasi p = 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara harga diri dengan interaksi sosial siswa.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, harga diri, interaksi sosial
Full Text:
PDFReferences
Andini, D. I. (2019). Pengaruh Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Melalui Bimbingan Kelompok di Smk Labor Binaan Fkip Unri. Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: universitas Riau. Vol 6 No 2 Tahun 2019.
Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Denissen, J. J. (2008). Self-Esteem Reaction to Social Interactions: Evidence for Sociometer Mechanisms Across Days, People, and Nations. Journal of Personality and Social Psychology, Vol 95 No 1 Tahun 2008.
Fortunela, M (2014). Harga Diri Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Panti Asuhan Dan Remaja Yang Tinggal Bersama Keluarga Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal karya ilmiah S1. Semarang: Universitas Diponegoro. Vol 3 No 4 Tahun 2014.
Haryani, T. (2015). Hubungan Self Esteem Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas X Mia 1 Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal BK UNISRI. Surakarta : Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Vol 1 No 1 Tahun 2015.
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Lestari, E. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Harga Diiri (Self Esteem) Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Pekan Baru. Jurnal online mahasiswa. Pekan baru: Universitas Riau. Vol 4 No 2 Tahun 2017.
Lusiana, I. (2014). Interaksi Sosial antara Remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua dan Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Jurnal Online Psikologi. Vol 2 No 1 Tahun 2014.
Mesant, R. (2018). Harga Diri dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Pada Siswa Sma Negeri 7 Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa BK. Pekan Baru: Universitas Riau. Tahun 2018. Vol 5 No 2 Tahun 2018.
Nisa, D. R. (2016). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Siswa dengan Teman Sebaya Pada Kelas X di Sma Handayani Pekanbaru T.P 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa. Pekan Baru: Universitas Riau. Vol 3 No 1 Tahun 2016.
Sari, R. (2019). Pengaruh Terapi Assertive Training Terhadap Interaksi Sosial Siswa dalam Berkomunikasi Melalui Bimbingan Kelompok di Smk Hasanah Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Pekan baru: Universitas Riau. Vol 6 No 2 Tahun 2019.
Soekanto, S. (2010). Sosiologi. kafia : PT Raja Grafrndo Persada.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Widodo, A. S. (2013). Harga Diri dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 2 No 2 Tahun 2013.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.