Peningkatan Personal Growth melalui Bimbingan Kelompok Karier Teknik Diskusi Tema Tipe Kepribadian

Aditha Brenda Semedi, Yusmansyah Yusmansyah, Moch Johan Pratama

Abstract


Problem in this study was the low of personal growth. Research objectives is to improve  personal growth of new students in Guidance and Counseling FKIP Universitas Lampung. Design used in this study is a non-equivalent control group design. Research subjects were 20 people divided into two groups namely control group and experimental group. Research sample was obtained by voluntary sampling. Data collection techniques used was personal growth scale. The results of data analysis using the Mann Withney test obtained values (sig.) 0,000 <0,005 so that it can be concluded, career group guidance discussion techniques with the theme of personality types can increase the personal growth of new students Guidance and Counseling FKIP Universitas Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya personal growth. Tujuan penelitian meningkatkan personal growth pada mahasiswa baru Bimbingan Konseling FKIP Universitas Lampung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 20 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel penelitian di peroleh dengan cara voluntary sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala personal growth. Hasil analisis data menggunakan uji Mann Withney testdiperoleh nilai(sig.) 0,000 < 0,005 dapat di simpulkan, bimbingan kelompok karier teknik diskusi dengan tema tipe kepribadian dapat meningkatkan personal growth mahasiswa baru Bimbingan Konseling FKIP Universitas Lampung. 

Kata kunci: personal growth, bimbingan kelompok, tipe kepribadian


Full Text:

PDF

References


Aswida, W. 2012. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 1 Nomor 1.

Augesti. 2015.Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tingkat Awal dan Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal MAJORITY. Vol 4 Nomor 4.

Corey, Gerald. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. 8th

Elfira, N. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1.

Estiane, Uthia. 2015. Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vol. 4 No. 1, April 2015.

Ferguson. (2008).Careers and Vocational Guidance. New York: Infobase Publishing.

Hartinah, S. 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Heiman & Kariv. 2005. Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies:the case of college students. College Student Journal, 39 (1):72-89

Indrianie, Efnie. 2012. Culture Adjustment Training untuk Mengatasi Culture Shock Pada Mahasiswa Baru yang Berasal Dari Luar Jawa Barat. JurnalInsan Vol. 14 No. 03, Desember 2012.

Supriyanto S. 2015. Hubungan Antara Selfregulated Learning Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya Vol. 2, Maret 2015.

Zaky Faris Maulana, Tri Umiana Soleha, Fitria Saftarina. 2014. Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tahun Pertama Dan Tahun Kedua Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. JMC Siagian Vol. 3 No. 4, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.