Relationship between Parenting Parents and Student Learning Discipline

Mega Sentya Saputri, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The problem in the study of the relationship between parenting parents with the discipline of learning for eighth grade students of SMP Negeri 20 Bandar Lampung in Academic Year 2018/2019.  The method used in this study is the korelası method.  The research sample of 100 students from 400 populations, taken using quantitative, with simple random sampling correlation techniques.  The results showed that there was a relationship between parenting parents and student learning discipline, this was indicated by the results of data analysis using product moment correlation obtained value r = 0437 > r table = 0.256 at a significant level of 0.01 then Ho was rejected and Ha was accepted.

Masalah dalam penelitian ini adalah disiplin belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa dari 400 populasi, diambil menggunakan kuantitatif, dengan teknik korelasi simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa, hal ini ditunjukan hasil analisis data menggunakan korelasi product moment diperoleh r hitung = 0.437 > r tabel = 0.256 pada taraf signifikan 0.01, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: bimbingan konseling, disiplin belajar, pola asuh orang tua


Full Text:

PDF

References


Anggraini, A. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, Vol 1 No 1. diakses tanggal 8 April 2018.

dkk, Ayu. 2009. Perbedaan Kemandirian Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orang Tua pada Siswa SMP Negeri di Denpasar. Jurnal. TeknoPedagogi Vol. 2 No. 1 Maret (2009). diakses 8 Agustus 2014.

Puspita, Bella . 2017. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 2 No 2. diakses tanggal 22 november 2018.

F, Dienda. 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal. Psikologi, Vol 5 No 2. diakses tanggal 18 September 2018.

D, Edward. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mirzan Utama.

Wijaya, Hanna. 1986. Hubungan antara Asuhan Anak dan Ketergantungan Kemandirian. Jurnal Pendidikan, Vol 1 No 1. diakses tanggal 13 Maret 2019.

S, Suharso & T, Jaya. 2018. Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 7 no 3. diakses tanggal 17 September 2018.

Hidayati, N. 2014. Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian anak SD. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 3 NO 1. diakses tanggal 14 September 2018.

Khalsa, S SriNam. 2008. Pengajaran Disiplin & Harga Diri: Strategi, Anekdot, Dan Pelajaran Efektif Untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: PT Indeks.

K, Ummah. 2013. Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Intelegensi. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013 Padang. diakses pada 02 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.