Peningkatan Sikap Positif Terhadap Environmental Mastery Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing
Abstract
The purpose of the research is to increase a positive attitude towards psychological well-being, the dimension of environmental mastery. The method this study is quasi experimental design of untreated control group design with dependent pre-test and posttest. The research subjects used an experimental group of 10 people and a control group of 10 people. Data collection techniques use a environmental mastery attitude scale. The results showed that attitudes towards student environmental mastery in schools could be improved through role playing technique group guidance services, this was shown through the Mean Whitney Test results. The results of the statistical analysis showed that the value (Sig) was 0.000 <0.05, so Ho was rejected and Ha was accepted, meaning that there was an increase in students' attitudes towards environmental mastery after being given the role playing group guidance service in the experimental group. The conclusion is that attitudes towards environmental mastery can be increased using the role playing group guidance services in the experimental group in SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahteraan psikologis dimensi environmental mastery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain untreated control group design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian adalah kelompok eksperimen sebanyak 10 orang dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap environmental mastery. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap terhadap environmental mastery siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, hal ini ditunjukan melalui hasil Uji Mean Whitney. Hasil analisis statistik menunjukan nilai (Sig) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan sikap positif terhadap environmental mastery setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen. Kesimpulannya adalah sikap positif terhadap enviromental mastery dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing kelompok eksperimen pada siswa SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, sikap positif, teknik bermain peran
Full Text:
PDFReferences
Puspa Tania Anggraini. (2014). Hubungan Antara Psikologikal Will Being Dan Kepribadian Hardiness Dengan St-ress Pada Petugas Port Securyty.Diambil dariUNESA. Vol 4 No 2(onlene). diakses pada tahun 2014
U, Bronfenbrenner. 2005. Human Development. London: Sage Publication
Ernani. 2016. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang. Vol 2 No 1. Diakses tanggal 12 Maret 2018
Dian, Novianti. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Prilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman. Jurnal Edutech Vol 1 No 1. Diakses tanggal 23 Juni 2018
C, Rogers.. 2003. On Becoming a person. London: United Kingdom.
C.D, Ryff. 2014. Psychological WellBeing Revisited : Advances in the Science and Practice of Eudaimonia. Journal of Psychotherapy and Psychosomatics, 83 : 10-28.
R.R, Sari. (2015). Tingkat Psikologis Will Being pada remaja panti sosial bina remaja Yogyakarta. Jurnal UNY Vol 2 No 1(Online). diakses tanggal 15 Juli 2018
Yulia, Safitri.2017. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas XI. Skripsi. Universitas Lampung. Vol 4 No 8. Diakses 17 Juli 2019
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
W, Tanujaya. (2014). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kesejahteraan Psikologis (Psychological well being) Pada Karyawan Cleaner (Studi Pada Karyawan Cleaner Yang Menerima Gaji Tidak Sesuai Standar Ump Di PT. Sinergi Intergra Service, Jakarta). Vol 2 No 4. Diakses pada Desember 2014
Y, Triwahyuningsih. (2017). Hubungan Antara Self Esteem Dan Kesejahteraan Psikologis. Vol 4 No 1. Diakses pada tanggal 05 Agustus 2018
Agustin, Yahya. Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Vol 4 No 8. Diakses tanggal 19 September 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.