Penggunaan Konseling Sebaya Mengurangi Konformitas Negatif Siswa

Niluh Titisari Karuna Putri, Yusmansyah Yusmansyah, Yohana Oktariana

Abstract


The aim of this research is to find out the use of peer counseling to reduce the negative conformity on students at SMA Negeri 2 Bandar Lampung in academic year 2018/2019. The problem in this research is the high negative conformity on students. This research used the pre-experimental designs. In this research, there are 3 students selected by using purposive sampling.  The subject was selected based on the result of the pretest and viewed from the intervals provide. The result of this research shows that peer counseling can be used to reduce the students' negative conformity, this is shown by the results of Wilcoxon test using SPSS 16.0 obtained Z count = -1.604 <Z table = 1.645 then Ho is rejected and Ha is accepted, so that it can be concluded peer counseling can be used to reduce the students' negative conformity at SMA Negeri 2 Bandar Lampung in academic year 2018/2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan konseling sebaya untuk mengurangi konformitas negatif pada siswa SMA Negeri 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Masalah dalam penelitian ini adalah konformitas negatif siswa tinggi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Experimental designs. Sampel penelitian dipilih dengan cara purposive sampling sebanyak 3 siswa. subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil pretest dan dilihat dari interval yang sudah disediakan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konseling sebaya dapat digunakan untuk mengurangi konformitas negatif siswa, hal ini ditunjukan dengan hasil uji wilcoxon menggunakan SPSS 16.0 diperoleh Z hitung = -1.604 < Z tabel = 1.645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya konseling sebaya dapat digunakan untuk mengurangi konformitas negatif pada siswa SMA Negeri 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019

Kata kunci: bimbingan konseling, konseling sebaya, konformitas negatif


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Dewi, Cintia Kusuma.(2015). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Sma Negeri 1 Depok Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 10 No 4. 2015.

Haryani, Indah.(2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi. Vol 11 No 1. 2015

Kartini, Herlen. (2016).Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dan Intensitas Bermain Game Online Dengan Intensi Berperilaku Agresif Pada Siswa Sma Katolik W.R. Soepratman Samarinda.Jurnal Psikoborneo. Vol 4, No 4, 2016.

Maharani,M.H. (2015). Konformitas Teman Sebaya Dan Asertivitas Pada Siswa Sma Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Empati. Vol 4 No 4 2015.

Noviza, N. (2011). Konseling Teman Sebaya(Peer Counseling) Suatu Inovasi Layanan Bimbingan Konseling Di Perguruan Tinggi. Jurnal IAIN Raden Fatah Palembang. Vol 2 No 21. Tahun 2011.

Prastiwi, A. (2014). Penerapan Strategi Assertive Training Untuk Mereduksi Perilaku Konformitas Pada Teman Sebaya Kelas Xi Ips 4 Sman 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA.Vol 4, No 3 (tahun 2014).

Pratama, H. (2017) Hubungan Konformitas Dengan Perilaku KonsumtifTerhadapMerchandise Liverpool Pada Anggota Suporter Klub Sepakbola Liverpool Di Bekasi. Jurnal Psikologi. Vol. 10 No. 2 (2017).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syarifuddin, F. (2018). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Mengganggu Siswa Smk Perguruan Islam Republik Indonesia (Piri) 3 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 4, No 8. 2018.

Wilujeng, P. (2012). Pengaruh Konformitas Pada Geng Remaja Terhadap Perilaku Agresi Di Smk Pgri 7 Surabaya. Jurnal Ilmiah Unesa. Vol 1 No 2 tahun 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.