Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa

Mega Sentya Saputri, Drs. Yusmansyah, M.Si., Diah Utaminingsih, S.Psi., M.A., Psi.

Abstract


The problem in this study is low student learning discipline. The method used in this study is the correlation method, the results of the study show there is a relationship between parenting parents with student learning discipline, result of data analysis using product moment correlation obtained r count 0437 > r table 0.256 at a significant level 0.01 then Ho is rejected and Ha is accepted. In conclusion there is a significant relationship between parenting parents with student learning discipline.

Masalah dalam penelitian ini adalah disiplin belajar siswa rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode korelasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa, hasil analisis data menggunakan korelasi product moment diperoleh r hitung = 0.437 > r tabel = 0.256 pada taraf signifikan 0.01 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa.

Kata Kunci: bimbingan konseling, disiplin belajar, pola asuh orang tua


Full Text:

PDF

References


A, Anggraini. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, Vol 1 No 1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/konselor di akses tanggal 8 April 2018.

Ayu, dkk. (2009). Perbedaan Kemandirian Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orang Tua pada Siswa SMP Negeri di Denpasar. Jurnal. TeknoPedagogi Vol. 2 No. 1 Maret (2009). http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1394. (Diakses 8 Agustus 2014).

Bella Puspita. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar SAiswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 2 No 2. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000 diakses tanggal 22 november 2018.

Dienda, F. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal. Psikologi, Vol 5 No 2. https://jom.unri.ac.id/article/download diakses tanggal 18 September 2018.

Edward, D. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mirzan Utama.

Hanna Wijaya. (1986). Hubungan antara Asuhan Anak dan Ketergantungan Kemandirian. Jurnal Pendidikan, Vol 1 No 1. https://ejournal.unesa.ac.id/)access di akses tanggal 13 Maret 2019.

Jaya, T., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 7 no 3. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/19535 diakses tanggal 17 September 2018.

NI, Hidayati. (2014). Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian anak SD. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 3 NO 1. https://jurnal.untagsby.ac.id di akses tanggal 14 September 2018.

SriNam S. Khalsa. (2008). Pengajaran Disiplin & Harga Diri: Strategi, Anekdot, Dan Pelajaran Efektif Untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Ummah, K. (2013). Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Intelegensi. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013 Padang. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1182/1019 diakses pada 02 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.