Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Agresivitas Siswa

Laila Aziz, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


This study aimed to determine the relationship between family’s harmony with the aggressiveness of students in SMA Negeri 10 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The study population was 270 students and the research amounted to 135 students. Data collection techniques used a scale of parental harmony and scale of aggressiveness. The results showed that there was a significant and negative relationship between the harmony of parents and aggressiveness with the correlation value r = -0.418> rtable = 0.198. The conclusion of this study was there is a significant negative relationship between the harmony of parents and the aggressiveness of students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian sebanyak 270 siswa dan penelitian berjumlah 135 siswa. Teknik  analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara keharmonisan orang tua dengan agresivitas dengan nilai korelasi rhitung= -0,418  >  rtabel= 0,198. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara keharmonisan orang tua  dengan agresivitas siswa.

Kata kunci: agresivitas, bimbingan dan konseling, keharmonisan keluarga





Full Text:

PDF

References


Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta : Kanisius.

Aprinaldi, Eki. 2019. Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Agresivitas Siswa SMK N 1 Lubuk Sikaping. Universitas Negeri Padang Vol.7.No.2. (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/issue/view/1155 diakses pada 7 Agustus 2019 Pk. 21:08)

Dewanti, ayu. Veronika Suprapti. 2014. Resilensi Remaja Putri Terhadap Problematika Pasca Orang Tua Bercerai. Jurnal Psikologi pendidikan dan perkembangan Vol 3 No. 3 Desember 2014. Hal 164-171. Universitas Padjajaran. (https://www.researchgate.net/publication/326512694_RESILIENSI_REMAJA_BERPRESTASI_DENGAN_LATAR_BELAKANG_ORANG_TUA_BERCERAI diakses pada 6 Agustus 2019 Pk. 17:55)

Indrawati, E. 2011. Hubungan antara dukungan sosial dengan depresi pada lanjut usia yang tinggal di panti werdha wening wardoyo Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip, Vol.9. No.1 (https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2910 diakses pada 7 Agustus 2019 Pk. 21.56)

Krahe, Barbara. 2005. Perilaku Agresif. Yogyakarta : PT. Pustaka Belajar

Midya Saputri, Ervina. 2014. Hubungan Interaksi Sosial Dan Keharmonisan Keluarga Dengan Prilaku Agresif Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 BAURENO BOJONE-GORO Surabaya Jurnal BK UNESA. Vol. 4. No. 1 (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/7355 diakses pada 7 Agustus 2019 Pk. 20:11)

Nisfiannoor, M. 2005. Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja Yang Berasal Dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh. Universitas Tarumanegara. Jakarta. Vol. 3 No.1. (https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4962-M.Nisfiannoor,EkaYulianti.pdf diakses pada 7 Agustus Pk. 20:17)

Pitaloka Priasmara, Dian. 2016. Analisis Faktor-Faktor Keluarga Yang Berhubungan Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di Kota Malang. Universitas Brawijaya. Malang, Vol. 4. No. 2016. (https://jik.ub.ac.id/index.php/jik/article/view/100 diakses pada 7 Agustus 2019 Pk. 23:56)

Satria, A. R., Nurdin, A. E., & Bactiar, H. (2005). Hubungan Kecanduan Bermain Video Games Kekerasan dengan Perilaku Agresif pada Murid Laki-Laki kelas IV dan V di SD Negeri O2 Cupak Tengah Pauh Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol. 4, No.1. (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/5325 diakses pada 7 Agustus 2019 Pk. 22.59)

Yulita Tiara. 2017. Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas VII SMP PGRI I Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 1. No. 12 (http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.01.0187.pdf diakses pada 7 Agustus 2019 Pk. 16.31)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.