Penggunaan Konseling Sebaya untuk mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik

Nadia Fitriani Asyari, Yusmansyah Yusmansyah, Citra Maharani Abriani

Abstract


The research problem was the high of students’ academic procrastination behavior. The research purpose was to know the use of peer counseling for reducing the students’ academic procrastination behavior at SMP Negeri 8 Bandarlampung in academic year of 2018/2019. The design used in this research was time series design. The sample was chosen by technique purposive samplingas much as 5 students. Data collection technique use the scale of academic procrastinastion. The result of this research showed that peer counseling can be used for reducing the students’ academic procrastination behavior. It was showed with Wilcoxon test by using SPSS 17.0 that was obtained zcount = -2,023 < ztable= 1, 645. So that Ho was rejected and Ha was accepted. Then, the conclusion was that peer counseling can be used for reducing the students’ academic procrastination behavior at SMPN 8 Bandar lampung in academic year of 2018/2019.

Masalah penelitian ini adalah perilaku prokrastinasi akademik siswa tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan konseling sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series design. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling sebaya dapat digunakan untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Hal ini ditunjukkan hasil uji wilcoxon menggunakan SPSS 17.0 diperoleh zhitung = -2,023 < ztabel = 1, 645. Hasil analisis tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah konseling sebaya dapat digunakan untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: konseling sebaya, perilaku prokrastinasi, akademik


Full Text:

PDF

References


Ahmaini, Dini. 2010 Perbedaan Prokrastinasi Akademik Antara Mahasiswa yang Aktif dengan yang Tidak Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan PEMA USU. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi USU. Vol 5 no 2 Diakses tanggal 29 Mei 2016 dari (http://www.isjd.pdii/lipi.go.id/admin/jurnal/.pdf)

Akdon dan Riduwan. 2005. Rumus dan data dalam aplikasi statistik. Bandung: Alfabeta

Catrunada, L., & Puspitawati, I. 2008. Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jurnal Psikologi dan Perkembangan UPI. Vol 7 no3. Diakses pada tanggal 10 Mei 2017 dari (http://jurnal145182232/Perbedaan- Kecenderungan-Prokrastinasi-Tugas-Skripsi-pdf)

Erhamwilda, 2015, Konseling Sebaya Alternatif Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Media Akademia.

Gafni, R., & Geri, N. 2010. Time management: procrastination tendency in individual and collaborative tasks. Journal of Information, Knowledge, and Management, Volume 5. Diakses tahun 2017 (http://ijikm.org/Volume5/IJIKMv5p115-125Gafni448.pdf)

Ghufron, M. N. (2003). Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orang tua dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi UGM. Di akses pada tanggal 12 Mei 2012 (https://jurnalmahasiswa.ugm.ac.id/index.php/character/article/viewFile/10995/10523)

Gunawinata, V. A., Nanik, & Lasmono, H. K. 2008. Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima Indonesian Psychological Journal Ubaya. Vol 24 no 1 tahun 2018. Diakses dari (http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jpa/index)

Hussain, I & Sultan, S. 2010. Analysis of Procrastination Among University Students. Journal Procedia.Social and Behavioral Science.Vol 5 no2 Diakses juni 2018 (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810017593)

Knaus, Bill. 2011. Beat Procrastination. Tanpa kota : Smart Recovery

Ora Gorez Uke, M. Ramli, Triyono. 2017. Keefektifan Pemodelan Sebaya (Peer Modeling) Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Psikologi Malang. Vol 4 no 3. Diakses mei 2018 (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8512)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suwarjo, “Konseling Teman Sebaya (Peer Konseling) untuk mengembangkan resilensi remaja”, Jurnal Pendidikan UNY. 2018 Vol 3 no 2 (http://jurnalmahasiswa.uny.ac.id/index.php/character/article/view/10984/105)

Widyawati, Agnes. 2017. Pengaruh Bimbingan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Penelitian dan pembelajaran UN PGRI Kediri. Vol 5 no2. Diakses pada juli 2018 (http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.01.0046.pdf)

Wilujeng, Dwi W., dan Muhari. 2014. Penerapan konseling realita untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII C SMP Negeri 20 Surabaya. Jurnal BK UNESA, vol 4 (3). Diunduh 11 desember 2015tersedia: (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/9027)

Vij, Jasmine dan Hitashi Lomash. 2014. Role of Motivation in Academic Procrastination. Jurnal Scientific & Engineering Research. Vol. 5(8): hal. 1065- 1070. Diakses pada tahun 2017 (https://www.ijser.org/researchpaper/Role-of-Motivation-in-Academic-Procrastination.pdf)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.