Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa

Ayu Wijayanti, Yusmansyah Yusmansyah, Citra Abriani Maharani

Abstract


Problem in this research was low of self control ability students. Purpose of this research was to find out the use of guidance on discussion technique group to improve self control ability students in SMPN 8 Bandar Lampung. Method of research was quasi experiment with pretest and posttest design. Research’s sample selected purposive sampling technique. Research’s subjects are 13 students who have a variative self control ability from low, medium, and high. Data collection techniques used a scale of self control. Result of this data analysis showed that Ho rejected and Ha accepted. This was shown by data analysis used Wilcoxon Matched Pairs Test a value of Zvalue= -3,180 < Ztable = 1,645. Conclusion of this research is guidance on discussion technique groups could be used to improve student’s self control in SMPN 8 Bandar Lampung.

Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan self control siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan  kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan self control siswa SMPN 8 Bandar Lampung. Metode penelitian adalah Quasi Eksperiment dengan Pretest and Posttest Design. Sample penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian sebanyak 13 siswa yang memiliki kemampuan self control bervariatif terdiri dari yang rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self control. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test dengan nilai Zhitung= –3,180 < Ztabel = 1,645. Kesimpulan dari penelitian adalah layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan self control siswa SMPN 8 Bandar Lampung.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok teknik diskusi, self control


Full Text:

PDF

References


Auliya, M. 2014. Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi pada Siswa SMANegeri 1 Padangan Bojonegoro. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 2. Nomor 3, Juni 2014. Diakses dari: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10992

Ekasari, A., & Yuliyana. S. 2012. Kontrol Diri Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Coping Stress Pada Remaja. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi. Vol 5. No 2, Oktober 2012. Diakses Dari:

http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/629

Fajarwati. S. 2015 Hubungan Antara Self Control Dan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bk Uny Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 4 No. 8: Edisi Agustus Diakses dari: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/253

Iga, S.A., & Suminar, D.R. 2012. Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 01 No. 02, Juni 2012. Diakses dari: http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/110810241_ringkasan.pdf

Gufron, M.N., & Risnawita, Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Haryani, I., & Herwanto, J. 2015. Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Suska. Vol. 11, No. 1, Juni 2015. Diakses dari: http://103.193.19.206/index.php/psikologi/article/view/1555

Iranita, H.M., & Aini A.N. 2011. Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur. Vol. 1, No. 2, Juni 2011. Diakses dari:

http://jurnal.psikologi:PITUTUR.2011-jurnal.umk.ac.id

Maharani. 2018. Peningkatan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMA Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No. 5, Juli 2018. Disakses dari: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/2658

Novi, W.H., & Nofari, H. 2015. Meningkatkan Percaya Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No. 3, September 2015. Diakses dari: http://i-rpp.com/index.php/jptbk/article/viewFile/331/331

Nurfuad. A. 2013. Meningkatkan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Juwana Tahun 2012/2013. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Vol. 2, No. 1, Maret 2013. Diakses dari: https://lib.unnes.ac.id/17867/

Praptiani, Santi. 2013. Pengaruh Kontrol Diri terhadap Agresivitas Remaja dalam Menghadapi Konflik Sebaya dan Pemaknaan Gender. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang. Vol. 1, No. 3, Mei 2013. Diakses dari: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30520

Prima, H.S. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK Unesa. Vol. 3, No. 1. Juni 2013. Diakses dari: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3366

Rizkina. M. 2013. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Diskusi Kelompok Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIIIE di SMPN I9 Semarang. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Vol. 1, No. 1, Maret 2013. Diakses dari: https://lib.unnes.ac.id/17319/

Santrock, J.W. 2011. Adolesence

(Perkembangan Remaja). Jakarta :

Erlangga .

Selvya Yuliandita. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Pemahaman Self Control Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Vol. 2, No. 1, Juni 2015. Diakses dari: https://lib.unnes.ac.id/21159/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.