Penggunaan Layanan Informasi Biografi Tokoh Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar`
Abstract
The main problem on this study was the poor learning motivation the tenth grade student at SMK Tri Sukses Natar. The aim of this study was to improve student’s learning motivation using group guidance through figure’s biography information for tenth grade student at X SMK Tri Sukses. The method used in this study was Quasi Experimental using Time Series Design. The subject of this research was 8 students with high, medium, and low learning motivation level. This study used learning motivation scale for data colllection technique and Wilcoxon test for data analysis. It was proven from the result analysis of learning motivation’s pretest and posttest in which it was obtained Zcalculated = -2.518 dan Ztable = 0.000, thus Ho was refusedand Hawas accepted. To conclude, learning motivation of students can be improved using group guidance service by giving information of figure’s biography.
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah pada siswa kelas X SMK Tri Sukses Natar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar menggunakan bimbingan kelompok melalui layanan informasi biografi tokoh pada siswa kelas X SMK Tri Sukses Natar. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan menggunakan time series design. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hal ini ditunjukkan dari analisis hasil pretest dan posttest motivasi belajar yang diperoleh Zhitung = -2,518 dan Ztabel = 0,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan layanan informasi.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Fauzi, Taty. 2018. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Tek-nik Modeling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 8 Palembang. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan. Volume 1 Nomor 1.
Fitri, Emria. 2016. Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Volume 2 Nomor 2.
Ginanti, Ni Wayan. 2017. Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Selat Kuala Kapuas.Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 2 Nomor 2.
Hanan, Abdul. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII.C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Ilmiah Mandala Education. Volume 3 Nomor 1.
Hartinah, Galuh. 2016. Paya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling. Volume 2 nomor 2.
Kurniasih, Erna. 2015. Meningkatan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Treasure Hunt Game. Jurnal Penelitian Tindakan. Volume 1 Nomor 3.
Mutammimah, Etty. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. Journal of Guidance and Counseling. Volume 2 Nomor 1.
Nabila, A. 2016. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 6 Nomor 3.
Prayitno. 2017. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok yang berhasil. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanita.2013. Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Volume 1 Nomor 1.
Safitri, Nur’aini. 2014. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Konselor. Volume 3 Nomor 4.
Sardiman A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sudarti, Kris. 2018. Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Volume 1 Nomor 1.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 3 Nomor 1.
Sutopo. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi dengan Teknik Filmed Model. Jurnal Penelitian Tindakan. Volume 1 Nomor 1.
Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yuniarwati, C. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas XI Aph 1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018.Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 5 Nomor 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.