Penggunaan Layanan Informasi Biografi Tokoh Dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
The main problem on this study was the poor learning motivation of student in class X SMK Tri Sukses Natar. The aim of this study was to improve student’s learning motivation using group guidance through figure’s biography information for tenth grade student at X SMK Tri Sukses . The method used in this study was Quasi Experimental using Time Series Design. The subject of this research was 8 students with high, medium, and low learning motivation level. This study used learning motivation scale for data colllection technique and Wilcoxon test for data analysis. It was proven from the result analysis of learning motivation’s pretest and posttest in which it was obtained Zcalculated = -2.518 dan Ztable = 0.000, thus Ho was refusedand Hawas accepted. To conclude, learning motivation of students can be improved using group guidance service by giving information of figure’s biography.
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah pada siswa kelas X SMK Tri Sukses Natar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar menggunakan bimbingan kelompok melalui layanan informasi biografi tokoh pada siswa kelas X SMK Tri Sukses Natar . Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan menggunakan time series design. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siwa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hal ini ditunjukkan dari analisis hasil pretest dan posttest motivasi belajar yang diperoleh Zhitung = -2,518 dan Ztabel = 0,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan layanan informasi.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Fauzi, Taty. 2018. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 8 Palembang. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan. Volume 1. No. 1. Diambil dari http://jurnal.um-palembang.ac.id/-jaeducation/article/view/953 diakses pada 8 April 2019.
Fitri, Emria. 2016. Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Volume 2. No. 2. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/-JPPK/article/view/2250diakses pada 17 April 2019.
Ginanti, Ni Wayan. 2017.
Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Selat Kuala Kapuas. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 2. No. 2. Diambil dari http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/suluh/article/-view/543 diakses pada 25 April 2019.
Hanan, Abdul. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII.C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Volume 3. No. 1. Diambil dari https://ejournal.-mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/24/22 diakses pada 17 April 2019.
Hartinah, Galuh. 2016. Paya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling. Volume 2. No. 2. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/-article/view/701/712 diakses pada 8 April 2019.
Kurniasih, Erna. 2015. Meningkatan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Treasure Hunt Game. Jurnal Penelitian Tindakan. Volume 1. No.3. diambil dari https://i-rpp.com/index.php/jptbk/article/download/328/328 diakses pada 27 April 2019.
Mutammimah, Etty. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. Journal of Guidance and Counseling. Volume 2. No. 1. Diambil dari http://journal.stain kudus.ac.id/-index.php/Konseling Edukasi-/article/view/3932/pdf diakses pada 8 April 2019.
Nabila, A. 2016. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mening-katkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 6. No. 3. Diambil dari http://jurnalmaha-siswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk unesa/article/view/16949/15404 diakses pada 8 April 2019.
Prayitno.2017. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok yang berhasil. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Purwanita. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Volume 1. No. 1. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/908 diakses pada 22 April 2019.
Safitri, Nur’aini. 2014. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Konselor. Volume 3. No. 4. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/5915/6162 diakses pada 27 April 2019
Sardiman A.M.2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudarti, Kris. 2018. Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Volume 1. No. 1. Diambil dari https://jurnal.-umk.ac.id/index.php/JKP/article/download/2483/1377 diakses pada 27 April 2019.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 3. No. 1. Diambil dari http://ojs.-fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144/0 diakses pada 22 April 2019.
Sutopo. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi dengan Teknik Filmed Model. Jurnal Penelitian Tindakan. Volume 1, No. 1. Diambil dari http://i-rpp.com/index.php/jptbk/-article/view/216 diakses pada tanggal 25 April 2019.
Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Yuniarwati, C. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas XI Aph 1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 5. No. 1. Diambil dari http://-journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/2926/2102 diakses pada 27 April 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.