Peningkatan Aspirasi Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi Melalui Layanan Informasi Karir
Abstract
The purpose of this study to study information services can improve aspirations for further study in higher education in class XI of Bandar Lampung SMA Negeri 8 2018/2019. The method of this research is a pre-experimental method with one group pretest-posttest design. The subjects of this study were 8 students of class XI who had further aspiration studios to medium and low colleges. Technique of collecting data using aspiration questionnaire. The results showed that the use of information services could increase aspirations for further study to higher education, as evidenced by the results of data analysis using the Wilcoxon test, obtained zcount = -2.530 <ztable = 1.645 so Ho was rejected and Ha was accepted. In conclusion, career information services that can improve aspirations for further study in higher education in class XI of Bandar Lampung Senior High School 8 in academic year 2018/2019.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan informasi karir dapat meningkatkan aspirasi studi lanjut ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah metode pre-eksperimenta dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas XI yang memiliki aspirasi studi lanjut ke perguruan tinggi yang sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner aspirasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan informasi karir dapat meningkatkan aspirasi studi lanjut ke perguruan tinggi, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh zhitung = -2,530<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah layanan informasi karir dapat meningkatkan aspirasi studi lanjut ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: aspirasi, bimbingan konseling, layanan informasi karir
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi dan Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bajema, D.H.,dkk. 2002. Aspirations of Rural Youth. Lowa State University: Journal of Agricultural Education. Vol 43 No 3 2002 (https://digitalcol-lections.dordt.edu/faculty_work/219/) Diakses pada tahun 2018).
Budirahayu. T. 1999. Aspirasi Siswa SMU dan Orang tuanya Pada Pendidikan dan Pekerjaan Kaitannya dengan Rencana Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik. Th XII. No.3, Juli, 9-22. (C:UsersPlazaDownloadsDocumentsdownload-fullpapers-kmnts73530e023efull.pdf) Diakses pada tanggal 14 Maret tahun 2018).
Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Falentini, F. 2013. Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir Dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui (Studi Deskriptif Terhadap Siswa SMAN 3 Payakumbuh). KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2, No1. 2013 (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1266) Diakses 13 Mei 2018).
Handono. 2013. Pengembangan Materi Layanan Informasi Studi Lanjut Melalui Media Blog di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, (online), Volume 4 , Nomor 1 2013 (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php /jurnalbkunesa/article/view/6232/baca-artikel) Diakses 25 Februari 2018).
Hartinah, G. 2015. Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa SMA. (Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 4 Nomor 1 2015. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6874) Diakses pada tahun 2018
Hidayati, Risma. 2015. Layanan Informasi Karir membantu Peserta Didik. Jur-nal Konseling Gusjigang. Vol 1 No 1 2015.(https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/viewFile/258/257) Diakses pada tahun 2018).
Khatab, Nabil. 2015. Students’ aspirations, expectations and school achie-vement: what really matters?. British Educational Research Journal. Volu-me 41, Issue 5. (http://online-lib-rary.wiley.com/doi/10.1002/berj.3171/full) Di akses pada Januari 2018).
Nirwana, H. 2005. Perbedaan Tingkat Aspirasi dan Persepsi tentang Belajar Matematika antara Siswa Berlatar Budaya Minangkabau dan Batak.Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 12, No.2, Juni. (https://www.neliti.-com/publications/102539/perbedaan-tingkat-aspirasi-dan-persepsi-tentang-belajarmatematika-antara-siswa) Diakses pada tahun 2018).
Pandia, W.S.S. 2007.Status Identitas Ego, Orientasi Karier, dan Aspirasi Ka-rier Remaja Perempuan. Universitas Katolik Atma Jaya: Jurnal Psikologi. Volume 20, Nomor 2 2007 (https:-//lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=52&tpk=%22Skripsi%22) Diakses pada tahun 2018).
Purnamasari, A. 2006. Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir Untuk Mening-katkan Kejelasan Arah Pilihan Bidang Minat Karir Pada Maha-siswa Semester III Fakutas Psi-kologi. Humanitas: Indonesian Psy-chological Journal. Volume 3, No 1 2006.(journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/730/395) Diakses 13 Mei 2018).
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Graf-indo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.