Relationship between Peer Friends and Learning Motivation
Abstract
The purpose of this study was to determine the relationship between peer relationships with learning motivation in class VIII Bandar Lampung Middle School 9 academic year 2018/2019. This research method is quantitative. The study population was 207 students and a sample of 74 students was determined by simple random sampling technique. Data collection techniques use a scale of peer interaction and motivation to learn. The data analysis technique in this study uses Product moment correlation. The results show there is a positive and significant relationship between peer relationships with motivation to learn. This is indicated by the value of r count> r table (0.682> 0.227) the significance level of 0.05. then Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion is that there is a positive and significant relationship between peer relationships with learning motivation in class VIII Bandar Lampung SMPN 9 academic year 2018/2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019.Metode penelitian ini bersifat kuantitatif.Populasi penelitian sebanyak 207 siswa dan sampel berjumlah 74 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi Product moment.Hasil menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung > rtabel (0,682>0,227 )taraf signitifkan 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: bimbingan konseling, pergaulan teman sebaya, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Adhi, M. 2015. Pengaruh pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar terhadap pelajaran akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Temanggung. Volume 3 Nomor 1 Universitas Diponegoro.
Andrie P. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Pendidikan Akuntansi. Volume 2 Nomor 1 Universitas Negeri Yogyakarta.
Aditya, I.G. 2012. Pengaruh Partisipasi Orangtua dalam Mendidik di Lingkungan Keluarga di SMKN 1 Tejakula. Volume 2 Nomor 1 Universitas Pendidikan Ganesha.
Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar Offset.
Bahri, S. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cholifah, T.N. 2013. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Barunawati Kota Surabaya.Volume 3 Nomor 1 Universitas Airlangga.
Evi, A. 2014. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 1 Sukodono. Volume 3 No.1 Universitas Negeri Semarang.
Huda, A. 2013. Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Volume 2 Nomor 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Monks, F. J. 2004. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Jogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nasrul, A. 2014.Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi dengan Tehnik Game.Volume 2 Nomor 1 Oktober 2014. Semarang.
Nurlaili, M. 2009. Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16, Pontianak. Volume 3 Nomor 1 Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Reskia, S. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Inpres Birobuli. Volume 2 Nomor 1 Universitas Tadulako.
Santrock. J. W. 2007. Perkembangan anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Wicaksono, O. 2014. Hubungan Antara pergaulan Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Volume 3 Nomor 1 Universitas Ma’arif Nahdatul ulama.
Wicaksono, P. 2010. Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Volume 2 Nomor 1 Universitas Negeri Yogyakarta.
Widodo, E. 2013. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 3 Yogyakarta. Volume 2 Nomor 1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Yuli, A. 2012. “Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPKK 1 Sleman Pendidikan Akuntansi Volume 3 Nomor 1 Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.