Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar
Abstract
The problem in this study is low self-regulation in student learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of counseling services in the assertive training group in improving self-regulation in learning. This research method is quasi-experimental with pretest and posttest design. The research subjects were 10 students who had low self-regulation in learning. Data collection techniques use a self-regulation scale in learning. Data analysis using the Wilcoxon Matched Pairs Test. The results showed that the assertive training group counseling services could improve self-regulation in learning. This is in accordance with the results of the analysis obtained by zcount = -2.805 <ztable = 1.645 so Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the assertive training group counseling can be used to improve self-regulation in learning for class XI students of 15 Bandar Lampung Public High School 2018/2019.
Masalah dalam penelitian ini adalah regulasi diri dalam belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan layanan konseling kelompok assertive training dalam meningkatkan regulasi diri dalam belajar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest and posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki regulasi diri dalam belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok assertive training dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar. Hal ini sesuai hasil analisis yang diperoleh zhitung = -2.805 < ztabel = 1.645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya konseling kelompok assertive training dapat digunakan untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: assertive training, bimbingan dan konseling, konseling kelompok, regulasi diri dalam belajarFull Text:
PDFReferences
Alsiwol. 2009. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang : UMM Press.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung : Rineka Cipta.
Arumsari, C. 2017. Strategi Konseling Latihan Assertif Untuk Mereduksi Perilaku Bullying. Jurnal Vol. 1, No. 1.Diambil dari https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/download/23/7 diakses pada 8 september 2018.
Dwi, F. 2013. Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menghafal Alquran Pada Maha santri Ma’Had’Aly Masji Nasional Al-Akbar Surabaya. Jurnal penelitian Volume. 2, No. 1.Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/4582 diakses pada 8 september 2018.
Fauzan, L. 2010. Assertive training. Lutfi-fauzan.blogspot.com diakses pada 21 April 2018
Flavell, J. H. (1976). Metacognitive Aspects of Problem Solving. (Ed) The nature of intelligence. Jurnal. Diambil dari alamat https://www.demenzemedicinagenerale.net/images/menssana/Theories_of_Learning_in_Educational_Psychology.pdf dikases pada 21 april 2018.
Adi Rusmana, F. 2018. Peningkatan Keberanian Siswa Berbicara Dalam Diskusi Kelas Menggunakan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jurnal Volume 6, Nomor. 1. Diambil dari alamat pencarian di internet http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14826/0 diakses pada tanggal 21 april 2018.
Ishtifa, H. 2011. Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Akademis terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. Jurnal penelitian Vol. 1, No.1. Diambi dari situs di internet http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1790/1/HANNY%20ISHTIFA-FPS.pdf diakses pada 21 april 2018.
Nelson dan Jones, 2015. Theory and Practice of Counselling and Psychotherapy 6th Edition. Diambil dari Nelson-Jones-Theory-Practice Counselling Psycho-therapy/dp/1446295567, diakses pada 18 desember 2018.
Rachmawati, DP. 2017. Konseling Assertive Training Untuk Meningkatkan Ekspresi Diri di Panti Asuhan Yatim Pemeliharaan Kesejahteraan Umat Muhammadiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo. Jurnal penelitian Bimbingan dan Konseling. Vol.1, No 1. Diambil dari http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1375/ diakses pada tanggal 11 januari 2019.
Rahman, H. 2015. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Merokok Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kota Metro tahun ajaran 2014/2015. Jurnal penelitian Vol. 4, No. 2. Diambil dari internet alamat http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/10261 diakses pada 11 januari 2019.
Prafitasari, J. (2016). Efektivitas Assertive Training Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal penelitian Volume. 1, Nomer. 1. Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/556/1/JERRY_PRAFITA.pdf diakses pada tanggal 21 april 2019.
Pratiwi, R A. 2013. Penggunaan Tehnik Assertive training Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa di Sekolah Kelas X SMA N 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal penelitian. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/download/2070/1264 diakses pada tanggal 22 januari 2019.
Puspitasari, Anggi. 2013. Self Regulation Learning ditinjau dari Goal Orientation. Jurnal psikologi 2. Diambil dari alamat diinternet https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2579/2369 diakses pada tanggal 11 januari 2019.
Selfi. 2015. Penerapan Teknik Assertive Training Dalam Mereduksi Konformitas Negative Terhadap Kelompok Sebaya di SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal penelitian Volume 1, Nomer. 1. Diambil dari internet dengan alamt http://eprints.unm.ac.id/7228/1/Jurnal%20Selfi.doc. diakses pada tanggal 27 november 2018.
Turina. (2014). Penggunaan Tekhnik Assertive Training Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Jurnal penelitian Volume. 3, Nomer. 4. Diambil dari internet dengan alamat http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/9039 diakses pada 27 november 2018.
Wicaksono, A.K. 2015. Hubungan Antara Self Efficacy dan self Regulation dengan Perencanaan Karir Karir pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Negeri Semarang. Jurnal penelitian UNES. Diambil dari internet dengan alamat http://lib:Unnes.ac.id,diakses 11 Februari 2019.
Zimmerman.1990.Self - regulated Learning and Academic Acchievement. New York : Jurnal Education Psycology. Jurnal (http //usfm_brighi / EPE / self_regulated_learning_and_academic_achievemen_t_m.pdf diakses 21 januari 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.