Relationship Self Regulation Learning With Interpersonal Comunication In Students
Abstract
The study population was 140 students and the research sample was taken by 70 students taken by purposive sampling technique. Data collection techniques used the scale of self regulation learning and scale of interpersonal comunication. Data analysis technique used Product Moment conversion. The results showed that there was a significant positive relationship between self regulation learning with interpersonal comunication with a ratio of r count = 0.256 and significance level p = 0.274 then Ho was rejected and Ha was accepted.
Populasi penelitian sebanyak 175 siswa dan sampel penelitian berjumlah 35 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar dan skala komunikasi interpersonal. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan komunikasi interpersonal siswa, rhitung= 0,256 > rtabel= 0,274 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Bandar Lampung.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, regulasi diri dalam belajar, komunikasi interpersonal
Full Text:
PDFReferences
Andrade. 2009. A Model for Self Regulated Distance for Language Learning. Distance Education. Vol 3 No 1.
Azwar, S 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Friskilia, Octheria & Hendri Winata. 2018. Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No 2 Hal.
Ishtifa, H. 2011. Pengaruh Self Efficacy Dan Kecemasan Akademis Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologis. Jurnal Psikolog Vol. 2 No. 1.
Justitia, Arfenola. 2011. Hubungan Komunikasi Interpersonal Orangtua-anak Dengan Penyesuaian Diri Remaja Awal Di Kelurahan Muara Fajar Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Empati Vo. 5 No. 2
Karina A.P & Dian R.S. 2018. Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Interpersonal Siswa Dan Guru Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri “X”. Jurnal Empati Vol. 7 No.1.
Mirza F & Suharnan. 2018. Hubungan Antara Self Regulated Learning dan Komunikasi Interpersonal Dengan Problem Focused Coping Mahasiswa. Vol. 2 No. 1 Juni.
Montalvo, F, T, dan Torres, M. C. G. 2004. Self regulated learning : current & future directions. Electronics Journals of Research in Educational Psychology. Vol 2 No 1.
Papalia, D.E. 2001. Human Development(8 ed). New York : McGraw-Hill.
Rinata L.H. & Diana R. 2015. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua dengan Self Regulated Learning Siswa: Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Empati Vol. 4 No. 1
Rinata L.H. & Diana R. 2015. Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa SMAN 9 Semarang. Jurnal Empati Vol. 4 No. 2.
Saraswati, Putri. 2017. Startegi Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Ilmiah Vol. 9 No. 3.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.