Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa
Abstract
The purpose of this study was to determine the correlation of self concept with interpersonal communication in class VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung 2017/2018 academic year. This study is a correlational quantitative descriptive study. The study population amounted to 230 students with a sample of 63 students obtained through simple random sampling technique. Data collection techniques use the scale of self concept and scale of interpersonal communication. The data analysis technique uses product moment correlation. The results showed that between self concept and interpersonal communication there is a positive and significant correlation, this is evidenced by the data analysis obtained by the value of r count = 0.382> r table = 0.254 with p <0.005. Then Ho is rejected and Ha accepted. The conclusion of the study is that there is a positive and significant the correlation of self concept with interpersonal communication
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 230 siswa dengan sampel 63 siswa diperoleh melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan skala komunikasi interpersonal. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal terdapat hubungan positif dan signifikan, hal ini dibuktikan dengan analisis data di peroleh nilai r hitung=0,382 > r tabel= 0,254 dengan p<0,005. Maka Ho di tolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal.
Kata kunci: konsep diri, komunikasi interpersonal, bimbingan konseling
References
Azwar, S. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Giri, R.S. 2016. Hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa yang berasal dari provinsi X. Surakarta: Universitas Mu hammadiyah Surakarta. Volume 7 Nomor 1 (2017) http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/712. diakses tanggal 23 februari 2019.
Gumanti, C. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri pada Narapidana Remaja di Lembaga Pe masyarakatan Kelas IIA Anak Tanjung Gusta Medan. Medan: Universitas Sumatra Utara. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2214diakses tanggal 23 februari 2019.
Pratidina, G. 2015. Hubungan antara konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada remaja. Surakarta:Universitas Muhamadiyah Surakarta. Jurnal pendidikan. http://eprints.ums.ac.id/36544.
diakses tanggal 23 februari 2019.
Purba. E.J., dan Indriana Y. 2012. Kemampuan komunikasi interpersonal ditinjau dari identitas diri pada mahasiswa tahun pertama fakultas psikologi universitas diponegoro. Semarang: Undip. Jurnal Pendidikan. Volume 2, Nomor 4 (2013) https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7402. diakses tanggal 23 februari 2019.
Rahmawati, E.D. 2015. Hubungan Pergaulan teman sebaya dan konsep diri terhadap kecerdasan emosional siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. https: //journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/.../1046. diakses tanggal 23 februari 2019.
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safitri D. 2016. Hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada remaja pengguna media sosial di SMAN 5 Tambun Selatan. Jakarta: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Pendidikan. https: //repository.ubharjaya.ac.id/300. diakses tanggal 23 februari 2019. diakses tanggal 23 februari 2019.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D). Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, A. 2005. Tinjauan Psikologi Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.
Suryabrata,S. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryabrata, S. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Perkasa Rajawali
Wulandari T.A. 2014. Hubungan antara konsep diri dengan keefektivan komunikasi interpersonal. Bandung: Uni versitas Komputer Indonesia. Volume 2, Nomor 2 (2014).http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7386 diakses tanggal 23 februari 2019.
Yohana, C. 2014. Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains. Volume 12 Nomor 1. (2014). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/econosains/article/view/573. diakses tanggal 23 februari 2019.
Yunata S. D, Indati A. dan Nugraha Y.J.D,. 2012. Hubungan antara konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada remaja. Surakarta: Universitas Setia Budi.http://eprints.ums.ac.id/36544/3/02.%20 diakses tanggal 23 februari 2019
Yunnanto J. 2016. Hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa FIP UNESA. Surabaya: Unesa. Volume 4, Nomor 3 (2017) https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/21550/baca-artikel. diakses tanggal 23 februari 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.