Peningkatan Komunikasi Interpersonal Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training

Wika Christian Pasaribu, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The problem in this study was about students low interpersonal communication. The aim was to find out the improvement of students interpersonal communication by using the assertive training technique in a counseling group for students. The method was used to research with a pre-experimental design. The subject were 6 students who had low interpersonal communication. Data collection technique was purposive sampling by using the scale of interpersonal communication. Data analysis was using wilcoxon test. The result showed an enhancement about the students interpersonal communication after taking the assertive training in counseling group, those were indicated by the final result of the wilcoxon test obtained the value of Z calculated< Z tabel= 1.755<1.645 so Ho is treated and Ha is accepted. The conclusion of was the interpersonal communication can be improved using the assertive training technique in the counseling group for students.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan komunikasi interpersonal siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik assertive training pada siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan desain pre-eksperimental design. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa yang memiliki  komunikasi interpersonal rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling menggunakan skala komunikasi interpersonal. Data analisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan komunikasi interpersonal siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training  hal ini di tunjukkan dari hasil akhir data menggunakan uji wilcoxon  diperoleh nilai Z Hitung < Z tabel= -1,755 > Z tabel 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling  kelompok teknik assertive training pada siswa.

Kata kunci:  komunikasi interpersonal, konseling kelompok, teknik assertive training.

 

 

 

Full Text:

PDF PDF

References


Al’Ain, M. O., & Mulyana, O. P. 2013. Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA Prodi Psikologi FIP UNESA. Universitas Negeri Surabaya. Volume 02 nomor 1 (2013).http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/4592 diakses pada 5 januari 2019.

Aprilia, R., et al. 2017. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training. Universitas Islam Kalimantan. Volume 3 nomor 3 (2017). https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/ANNUR/article/view/1232 diakses pada tanggal 05 januari 2019

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Ad.

Faradita, R.M., et al. 2018. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training Terhadap Kemampuan Asertivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu. Volume 1 nomor 2 (2018).https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/view/4469/2458 diakses pada tanggal 5 januari 2019

Herawati, N., & Astuti, T. P. 2015. Pengaruh Pelatihan Assertivitas Tehadap Komunikasi Interpersonal Siswa : Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII (jurnal). Universitas Diponegoro. Volume 4 nomor 1 (2015).https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13129 diakses pada tanggal 6 januari 2019 .

Istiadah, F. N. 2015. Efektivitas Teknik Pelatihan Asertif dlam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Assaabiq Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Pendidikan Indonesia.http://repository.upi.edu/22627/ diakses pada tanggal 6 januari 2019.

Purita, A., et al. 2015. Peningkatan kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ‘X’ di Yogyakarta Melalui Pelatihan Asertivitas. Universitas Islam Indonesia. Volume 7 nomor 2 (2015). https://www.researchgate.net/publication/319933580_PENINGKATAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_INTERPERSONAL_PADA_SISWA_SEKOLAH_MENENGAH_KEJURUAN_SMK_'X'_DI_YOGYAKARTA_MELALUI_PELATIHAN_ASERTIVITAS. diakses pada tanggal 06 januari 2019.

Rizal, A. A. 2014. Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Asertive Training (Jurnal). Universitas Lampung. Volume 3 nomor 2 (2014).http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/6354http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/6354 diakses pada tanggal 07 januari 2019.

Sembiring, K. 2016. Assertiveness Training Melalui Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal (jurnal). Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Volume 05 nomor 2 (2016) http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/7114/pdf_32 diakses pada tanggal 08 januari 2019.

Sari. 2014. Peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik pelatihan assertif pada siswa. Universitas Lampung. Volume 3 nomor 4 (2014).http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/9581 diakses pada tanggal 08 januari 2019.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistiyana. 2016. Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Me-nggunakan Latihan Asertif di SMP Negeri 18 Banjarbaru (Jurnal). Universitas Lambung Mangkurat. Volume 2 no. 1 (2016).https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/552/589 diakses pada tanggal 10 februari 2019

Trisnaningtyas & Nursalim. 2010. Penerapan Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Psikologi. Universitas Negeri Surabaya. Diambil dari: http.ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/2._Artikel_ Esti_dan_Nursalim.pdf. diakses pada tanggal 10 maret 2019.

Widayanti & Warsito2013. Penerapan Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Universitas Negeri Surabaya. Volume 3 nomor 1 (2013).https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3535 diakses pada tanggal 10 maret 2019.

Yusuf, S. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT.Remaja Ac.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.