Upaya Meningkatkan Empati Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa

Muhammad Novendra Nurdin, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andriyanto

Abstract


This research issue was “could group guiding service improve students’ empathy”  The aim of the research was to identify the utilizing of group guidance service in increasing students’ empathy grade VIII public junior high school 10 kotabumi grade VIII. Method applied in this research was Quasi exsperimental with one group pretest-posttest design. The subjects were As many as 9 students. The data collecting technique used students’ empathy scale. The data was analyzed by Wilcoxon test. Based on gain score result which obtained Z value + -2,275< Z tabel = 1,645, Z count lower than Z table so H0 was rejected and Ha was accepted. The conclusion was the utilizing group guidance could increase students’ social interaction grade VIII public junior high school 10 kotabumi grade VIII academic year 2017/2018.

Permasalahan penelitian ini adalah “apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan empati siswa”. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan  kelompok dalam  meningkatkan empati  siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan metode Quasi exsperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala empati siswa. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, berdasarkan hasil gain score diperoleh Z hitung = -2,275 < Z tabel = 1,645 maka Z hitung lebih kecil dari Z tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan empati siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 kotabumi tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: bimbingan konseling, bimbingan kelompok, empati siswa


Full Text:

PDF PDF

References


Ekayanti .2015 Peningkatkan Sikap Empati Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X.A.V.1 SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Counsellia Volume 5 nomor 2 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/448 di akses pada tanggal 16 mei 2019

Husain. 2018. Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Role-playing Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Empati Pada Siswa Mtsn 1 Sragen. JIK Volume 18 nomor 1. ejour-nal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/download/716/520520568 Di akses pada tanggal 25 mei 2019

Haryati, Asti, dkk. 2017.Bimbingan Ke-lompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. JUBK Volume 6 nomor 1 http://garuda.ristekdik-ti.go.id/documents/detail/960347 Diakses pada tanggal 7 juni 2019

Marice, Istirahayu, & Fitriyadi 2017. Pe-laksanaan Bimbingan Kelom-pok Untuk Meningkatkan Em-pati Siswa kelas VII Di SMP Negeri 7 Singkawang . JBKI Volume 2 nomor 1 https://ww-w.researchgate.net/publication/320718526_Pelaksanaan_Bimbingan_Kelompok_Untuk_Meningkatkan_Empati_Siswa_Kelas_VII_Di_SMP_Negeri_7_Singkawang diakses pada tanggal 25 April 2019

Palupi .NT. 2016. Metode Roleplaying Dalam Pengembangan Perilaku Pribadi Dan Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Tunalaras Kelas VI Di SLB Prayuwana Yogyakarta. JPIP UNY Volume 5 nomor 12https://eprints.uny.ac.id/46548/ Diakses pada tanggal 9 juni 2019

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang

Rahmi, wahyuningsih & sujana. 2014. Penerapan metode role playing

Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Pada Anak Kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Tahun 2013/2014. Counselium Volume 2 no 1 https://jurnal.f-kip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4431/3079 Diakses pada tanggal 21 juni 2019

Septami, umari & saam. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Empati Siswa Di Kelas x MIPA 3 SMA Negeri 12 Pekanbaru. JOM Volume 3 nomor 2 https://jom.unri.ac.id/in-dex.php/JOMFKIP/article/view/12093. Diakses pada tanggal 12 juni 2019

Suryawati. 2016. Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Siswa.JPP Volume16 no2 http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/4247 diakses pada tanggal 16 april 2019

Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.