Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa

Nanda Sekar Anggita, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andriyanto

Abstract


Abstract: The Correlation Between Family Economic Status and Learning Motivation. This study aimed to find out "The correlation Between Family Economic Status and Student Learning Motivation at SMP N 18 Pesawaran". The sample 62 students was taken by using purposive sampling technique. Data analysis technique used product moment conversion. The results showed that the correlation between family economic status with a ratio of r count0.294> 0.250 r table significance level 0.05. Than the conclusion the results study correlation between family economic status and learning motivation in SMP N 18 Pesawaran.


Keywords:guidance and counseling,family economic status, learning motivation

 

Abstrak:Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar di SMP Negeri 18 Pesawaran”. Sampel 62 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment.  Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa rhitung0.294> 0.250 rtabelpada taraf signifikansi 0.05 Dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar pada siswa SMPN 18 Pesawaran.

 

Kata kunci:bimbingan dan konseling, motivasi belajar, status ekonomi keluarga


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2014.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur Vol. 3, No.10 Tahun 2008.

Darnis, A., & Ramayani, C. 2013. Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Sijunjung. ECONOMICA JOURNAL: Research of Economic And Economic Education, 2(1), 11-21.

Mansor, Z. D., & Saparudin, I. N.. 2015. Kondisi Ekonomi Orangtua dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ekonomi sosial.

Matondang, Z. 2009. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Medan: Universitas Negeri Medan. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED Vol.6, No.1 Tahun 2009.

Rahayu, W. P. 2011. Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Malang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 18, No. 1, April 2011.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Soekamto. 2014.Hubungan Antara Hubungan Status Ekonomi Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMP Koperasi Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.Vol. 4, No. 11 Tahun 2014.

Sudarwanto, B. 2018. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, . Vol 1 No. 1 Juni 2018.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suyono. 2012. Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi Oleh Fasilitas Belajar. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Vol. 4, No. 11 Tahun 2012.

Utomo, S.D. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dengan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Vol. 4 No. I 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.