Hubungan Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal

Restu Novi Andini, Ratna Widiastuti, Moch Johan Pratama

Abstract


The problem in this research is the relationship of low interpersonal cummunication. The purpose of this research was to determine the relationship between self-confidence and interpersonal communication of the students. The research method is quantitative. The sample is 42 students taken by simple random sampling technique. The technique’s of collecting data are a scale of confidence and interpersonal communication. The results showed that there was a positive and significant relationship between self-confidence and student interpersonal communication indicated by the correlation value r count = 0.409> r table = 0.304 at the significance level of α = 0.05 (p ≤ 0.05), then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this research is that there is a positive and significant relationship between self-confidence and interpersonal communication in the tenth grade of Public High School 15 Bandar Lampung in 2018/2019, means that the higher the student's confidence, the higher interpersonal communication skills of students.

Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan komunikasi interpersonal rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Sampel berjumlah 42 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengtan komunikasi interpersonal siswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi rhitung = 0,409 > rtabel = 0,304 pada taraf sigifikansi α = 0,05 (p ≤ 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019, artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

Kata kunci: bimbingan konseling, kepercayaan diri, komunikasi interpersonal


Full Text:

PDF

References


Amilia, R. D. 2014. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dalam Berkomunikasi Dengan Komunikasi Interpersonal. Lampung: ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling). Volume 5, Nomor 1, Tahun ke 3. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/3649 Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Ady, W. dan Inge, P. 2010. Memperkuat Kepercayaan Diri Anak Melalui Percakapan Referensial. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur. Volume 3, Nomor 15, Tahun ke 9. Diambil dari pkpenabur.or.id/wp-content/ uploads/2015/10/jurnal-No15-Thn9-Desemberi2010.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Diah, N. 2010. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VII & VIII Di SLTPN I Lumbang Pasuruan. Malang: Universitas Islam Negeri Malang. Volume 5, Nomor 4, Tahun ke 6. Diambil dari http://lib.uinmalang.ac.id/files/thesis/fullchapter/06410014.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Dika, S. 2016. Kontribusi Kepercayaa Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang. Volume 5, Nomor 3, Tahun ke 4. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/110504-ID-hubungan-kepercayaan-diri-dengan-komunik.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

DeVito, J. A. 2011. Komunikasi antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Irma T. P. 2014. Hubungan Rasa Percaya Diri dan Komunikasi Interpersonal dengan Aktualisasi Diri Siswa Kelas X di SMK N I Baureno Bojonegoro. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Volume 4, Nomor 1, Tahun ke 6. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/viewFile/4634/6930. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Kristi A. R. 2014. Hubungan antara Kepercayaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Angkatan 2013 di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi. Volume 2, Nomor 2, Tahun ke 8. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/5263. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Nastiti, A. W. 2011. Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Remaja Pada Siswa SMPN 5 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. Volume 4, Nomor 3, Tahun ke 2. Diambil dari http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/hubun gan-komunikasi-interpersonaldengan-kepercayaan-diri-remajapada-siswa-smpn-5-malang-anindita-woro-nastiti-50785.html. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Witta, D. A. 2010. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Komunikasi Interpersonal Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta”. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta. Volume 2, Nomor 4, Tahun ke 5. http://dglib.uns.ac.id/pengguna.php? mn=showview&id=19091 Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.