Peningkatan Sikap Positif Terhadap Environmental Mastery Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Games

Despy Prastiwi, Muswardi Rosra, Moch Johan Pratama

Abstract


The purpose of the research was to increase a positive attitude towards psychological well-being, especially in the dimensions of environmental mastery. The method used in this study was quasi experimental design with dependent pretest and posttest. There we 10 people as the subjects of this research. The results of statistical analysis showed a value (Sig.) 0.045 <0.05, so Ho was rejected and Ha was accepted, meaning that there was an increase in positive attitudes of students towards environmental mastery after being given games simulation technique group guidance services to the experimental group.

Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahteraan psikologis khususnya dimensi environmental mastery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen with dependent pretest and posttest. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 10 orang.Hasil analisis statistik menunjukkan nilai (Sig.) 0.045 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah sikap terhadap environmental mastery dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi games pada kelompok eksperimen.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, environmental mastery, teknik simulasi games


Full Text:

PDF

References


Amaliah & Yaqin. 2012. Penerapan Metode Permainan Simulasi Pada Materi Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 5 No 1 2012.

Angraini, T. P. 2015. Hubungan Antara Psikologikal Will Being dan Kepribadian Hardiness Dengan Stress Pada Petugas Port Security. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 3 No 2 2015.

Awaliyah, A & Listiyandini, R. A. 2018. Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis. Vol 5 No 2 2018.

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erlangga, E. 2017. Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psimpathic: Journal Ilmiah Psikologi. Vol 4 No 1 2017.

Melianasari, D. 2016. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Simulasi Dan untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal PEDAGOGIA. Vol 14 No 2 2016.

Prabowo, A. 2016. Kesejahteraan Psikologis Remaja di Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol 4 No 2 2016.

Prayitno & Erman. 2008. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Ryff, C. D. 2014. Psychological Well-Being Revisited: Advances In The Science And Practice of Eudaimonia. Psychotherapy and psychosomatics. 83, 10-28.

Sari, R. R. B. 2015. Tingkat Psychological Will Being Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarja. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 4 No 12 2015.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triwahyuningsih, Y. 2017. Kajian Meta Analisis Hubungan antara Self Esteem dan Kesejahteraan Psikologis Jurnal Buletin Psikologi. Vol 25 No 1 2017.

Wulandari, S. W. 2016. Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Psiko Edukasi. Vol 14 No 2 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.