Hubungan Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial Siswa
Abstract
This research was aimed to find out the relationship between self confident and student’s social adjustment students of SMAN 8 Bandar Lampung academic year 2018/2019. This research was a quantitative research. The population of this research were 230 students and the sample were 46 students and those were taken by using cluster random sampling. Data collecting technique used were scale. The data analysis used was correlation product moment. In conclusion, there is a positive and significant relationship between self confident and students’ social adjustment. It means that the higher students’ self confident, the higher students’ social adjustment too.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian siswa SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 230 siswa dan sampel penelitian 46 siswa diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala.Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian sosial siswa. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi penyesuaian sosial.
Kata kunci: kepercayaan diri, penyesuaian sosial, siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriah, A. 2013. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja di Kelas II SMP Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Studia Insania. 1: 50-54.
Hakim, T. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Rineka Cipta
Hasmayni. B. 2017. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Analitika. 2: 5-10.
Ibnu, A. 2015. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 2: 15-19.
Irfan, M., & Suprapti, V. 2014. Hubungan Self-Efficacy Dengan Pe-Nyesuaian Diri Terhadap Pergu-Ruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 3: 30-33.
Kristianawati, E., & Djalali, M.A. 2015. Hubungan antara Kematangan Emosi dan Percaya Diri dengan Penyesuaian Sosial. Jurnal Psikologi Indonesia. 3: 31-35.
Mutahari, H. 2016. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 5: 57-59.
Putri, A. D. 2011. Hubungan Kepercayaan Diri dengan dan Konseling. 2: 71-75.
Rufaida, H., & Kustanti, E. R. 2016. Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Rantau dari Sumatera di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 7: 69-72.
Sanda, T., Hartati, S., & Fauziah, N. 2018. Hubungan Antara Self Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi dan Perkembangan. 1: 22-26.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, E. 2013. Hubungan Kema-tangan Emosi dengan Penye-suaian Sosial Pada Siswa tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi. 4: 48-52.
Wahyudi, I. R. 2015. Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Sekolah Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas X MAN 1 Magelang. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 4: 34-37.
Wibawani, N. A. 2016. Hubungan antara Dukungan sosial Orangtua dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi. 3: 12-17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.