Pengaruh Film Laskar Pelangi pada Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Syifa Alawiah Faisal, Syarifuddin Dahlan, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The purpose of the study film Laskar Pelangi in classical guidance services to increase the learning interest of class VIII Pringsewu Public Middle school. The method used in this study is a quasi-experimental method group pretest - posttest, and analyzed using statistical analysis with the formula T-test and significant level used 5%. The sample in this study was 50 students of class VIII. The calculation results value of tcount 9.941> t table 2.00958 at the significance level of 5%. So Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion in this study is that there is the influence of the film Laskar Pelangi in classical guidance.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh film laskar pelangi dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan desain one group pretest – posttest, dan Uji-t dan taraf signifikan 5%. Sample dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa kelas VIII. Hasil peritungan diperoleh nilai thitung 9,941 > ttabel 2,00958 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan terdapat pengaruh film laskar pelangi dalam bimbingan klasikal dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Kata kunci: layanan informasi, media audio visual, minat belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Praktik Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fataruba, Djahra. 2017. Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Diambil dari https://www.researchgate.net-/publication/323282845_Penerapan_Layanan_Informasi_Untuk_Meningkatkan_Minat_Belajar_Siswa_Sekolah_Menengah_Atas. Volume 1, Nomor 1. Diakses pada tanggal 22 Desember 2018.

Hurlock, B. Elizabet. 2007. Psikologi Perkembangan. Terjemahan Isti Widayati dan Soejarwo. Jakarta: PT Erlangga.

Mardliyah, Maufur, Suriswo. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Mengikuti Layanan Informasi Bk Melalui Media Audiovisual. Diambil dari www.irpp.com/index.php.jptbk/article/download/334/334/Jurnal-meningkatkan-minat-mengikuti-layanan-informasi-bk-melalui-media-audiovisual. Volume 1, Nomor 3. Diakses pada tanggal 25 November 2018.

Munir, Misbachul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Minat Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar Kelas VIII Smp Muhammadiyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Diambil dari https://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_article/2017/12.1.01.01.0263.pdf/jurnal-pengaruhpenggunaan-media-audiovisual-terhadap-minat-siswa-mengikuti-bimbinganbelajar-kelas-VIII-smp-muhammadiyah-kota-kediri-tahun-ajaran-2016-2017. Diakses pada tanggal 04 Februari 2019.

Purwasih, Epy. 2014. Peranan Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Diambil dari https://jurnal.untad.ac.id/index.php/bungamputi/article/view/2043/jurnal-peranan-penggunaan-media-audiovisual-dalam-meningkatkan-minat-belajar-anak-di-kelompok-b-paud-terpadu-tri-dharma-santi-lebagu-kecamatan-balinggi-kabupaten-parigi-moutong. Volume 2, Nomor 3. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2018.

Prayitno, Amti Erman. 2004. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rudiarto. 2016. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi dengan Metode Talking Stick. Diambil dari https://irpp.com-/index.phpjptbk/article/view/606/meningkatkan-minat-belajar-siswa-melalui-layanan-informasi-dengan-metode-talking-stick. Volume 2, Nomor 2. Diakses pada 08 November 2018.

Rusmini. 2018. Peningkatan Minat Belajar Melalui Layanan Informasi Pada Siswa SMP. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/download2609/1387/peningkatan-minat-belajar-melalui-layanan-informasi-pada-siswa-smp. Volume 1, Nomor 1. Diakses pada 04 Oktober 2018.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sayidiman. 2012. Penggunaan Media Audiovisual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/view/1583/0/penggunaan-media-audiovisual-dalam-merangsang-minat-mahasiswa-terhadap-mata-kuliah-seni-tari. Volume 2, Nomor 1. Diakses pada tanggal 30 Januari 2018.

Susanti, Mira. 2016. Analisis Layanan Informasi Tentang Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Pontianak. Diambil dari https://Jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17778/jurnal-analisis-layanan-informasi-tentang-minat-belajar-siswa-kelas-x-di-man-1-pontianak. Volume 5, Nomor 12. Diakses pada tanggal 09 September 2018.

Tanjung, Romi Fajar, Neviyarni, Firman. 2018. Layanan Informasi Dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Diambil dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/3937/layanan-informasi-dalam-peningkatan-keterampilan-belajar-mahasiswa-stkip-pgri-sumatera-barat. Volume 3, Nomor 2. Diakses pada tanggal 17 Desember 2018

Anam, Muh Zuhrul, Hartati M. Th Sri, Awalya. 2018. Layanan Informasi Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/19863/Layanan-Informasi-Berbantuan-Media-Audio-Visual-Untuk-Meningkatkan-Minat-Berwirausaha-Siswa. Volume 7, Nomor 4. Diakses pada tanggal 11 Januari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.