Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa
Abstract
This study aim to study the relationship between self-concept and social interaction in class X SMK SMTI Bandar Lampung. The research method used quantitative. The research sample was taken by 70 students taken by purposive sampling technique. Data collection techniques used the scale of self-concept and scale of social interaction. Data analysis technique used Product Moment conversion. The results showed that relationship self-concept and social interaction with a ratio of r count = 0.556 > rtable = 0.306 significance level p = 0.01 then. The conclusion of the results study relationship between self-concept and student social interaction.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas X SMK SMTI Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan skala interaksi sosial.Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan interaksi social dengan nilai korelasi rhitung= 0,556>rtabel= 0,306 taraf signifikasi p=0,01. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, interaksi social, konsep diri
Full Text:
PDFReferences
Agustiani, 2006. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja. Jurnal SOUL Vol 2, No 1 Tahun 2006. Diambil dari https://www.academia.edu/24762036/hubungan_antara_konsep_diri_dengan_kecerdasan_emosional_pada_remaja. Diakses pada tanggal 11 Desember 2018.
Ambarwati, D. 2016. Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Semarang. Jurnal Psikologi. Vol 5 No. 3 Tahun 2016. Diambil dari http://fpsi.unissula.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=101&Itemid=110. Diakses pada tanggal 5 Juli 2018.
Anwar, F. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Psikologika Vol 13, No. 25 Tahun 2016. Diambil dari http://jurnal.uii.ac.id/Psikologika/article/viewFile/8466/7192. Diakses pada tanggal 1 September 2018.
Aprihistanto, A. 2013. Hubungan Antara Interaksi Sosial Dalam Kelompok Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mesin Kantor Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Psikologi Candarjiwa Vol 1, No. 1 Tahun 2013. Diambil dari https://eprints.uns.ac.id/16623/1/jurnal.pdf. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2018.
Ayuni, M. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Vol. 4, No. 11 Tahun 2014. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/13348/1/EJURNAL.pdf. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2018.
Azwar, S. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diana, E. 2012. Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 2 Tahun 2012. Diambil dari http://repository.uinsuska.ac.id/8493/1/2012_2012559.pdf. Diakases pada tanggal 20 Juli 2018.
Dwistia, H. 2012. Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan Prestasi Belajar. Jurnal ALIBKIN Vol.1 No.2 Tahun 2012. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/viewFile/1738/1080. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2018.
Miraningsih, W. 2013. Hubungan Antara Interaksi Sosial Dan Konsep Diri Dengan Perilaku Reproduksi Sehat Pada Siswa Kelas XI di MAN Purworejo. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 3 Tahun 2013. Diambil dari https://lib.unnes.ac.id/17318/1/1301408033.pdf. Diakses pada tanggal 23 Agustus 2018.
Parwiti, D. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Lansia di Posyandu Lansia Desa Kemukus Kecamatan Gombong kabupaten Kebumen. Jurnal Kesehatan Muhammadiyah. Vol 1, No. 1 Tahun 2016. Diambil dari http://elib.stikesmuhgombong.ac.id/171/1/DINI%20PARWITI%20NIM.%20A11200775.pdf. Diakses pada tanggal 22 Desember 2018.
Sarwono, S. W. 2010. Psikologi Remaja. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thalib S, 2010. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Depresi Pada Remaja. Jurnal Psikologi. Vol 5 No. 3 Tahun 2010. Diambil dari https://www.academia.edu/9916221/hubungan_antara_konsep_diri_dengan_kecenderungan_depresi_pada_remaja. Diakses pada tanggal 22 Desember 2018.
Yuliantoro, W. 2012. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja Awal di PSPA. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Vol. 4, No. 11 Tahun 2012. Diambil dari https://repository.usd.ac.id/10079/2/129114031_full.pdf. Diakses pada tanggal 26 Desember 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.