Peningkatan Sikap Positif Terhadap Personal Growth Dengan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing

Budi Mulyono, Muswardi Rosra, Moch Johan Pratama

Abstract


The purpose of the research is to increase a  positive attitude towards psychological well-being, especially the dimension of personal growth. The method used in this study is quasi-experimental design of  untreated  design with dependent pre-test and posttest.  The research subjects used an experimental group of 10 people. The results of the statistical analysis showed that the value (Sig) was 0.000 <0.05, so Ho was rejected and Ha was accepted, The conclusion is that attitudes towards personal growth can be increased using the role playing group guidance services in the experimental group.

Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif  terhadap kesejahteraan psikologis khususnya dimensi personal growth. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian menggunakan  kelompok eksperimen sebanyak 10 orang. Hasil analisis statistik menunjukan nilai (Sig) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, Kesimpulannya adalah sikap terhadap personal growth dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, role playing, personal growth


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggraini Tania Puspa. 2014. Hubungan Antara Psikologikal Will Being Dan Kepribadian Hardiness Dengan Stress Pada Petugas Port Security. Diambil dari UNESA (Online). Vol 3 No 2 2015. Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10984/105)). Diakses pada tahun 2015.

Bronfenbrenner, U. 2005. Human Development. London: Sage Publication.

Bandura, Albert. 2001. Social Learning Theory. Prentice, Inc. New Jersey.

Shadish, W.R., Cook, T.D., & Campbell, D.T. 2002. Experimental and Quasi Experimental Designs for Generalized Causal Inference. Unknown Publisher.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erikson, E. H. 2008. Identity and the Life Cycle. New York: International Universities Press.

Ismiasih, Lia. 2016. Aktifitas Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas XI SMA Muhammadiah Pakem Sleman. Jurnal UNY (Online). Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/aticle/download/1081/962).

Munir, Fatiqin Awalul, Kedi Ira. 2017. Pengaruh Penggunaan MeTode Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Virus di SMA Azhariyah Palembang. Jurnal UIN Raden Fatah Palembang (Online). Diambil dari http://e-journal. unipma.ac.id/index. Php /JF/article/download/1066/pdf.

Novianti, Dian S. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Prilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. (Online) Jurnal Edutech Vol. 1. Diambil dari http://media.neliti.com/media/publication/42696-ID-pengaruh-pene-rapan-layanan-bimbingan-kelompok-teknik-role-playing-terhadap-pe-ril.pdf . Diakses pada April 2018.

Prayitno & Erman. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka cipta.

Ryff, C. D. 2014. Psychological Well-Being Resvisited: Advancesin the Science and Practice of Eudaimonia. Psychother Psychosom, 83,10-28.

Sari, Brilianta, Rahmawati. 2015, Tingkat Psikologis Will Being Pada Remaja Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta. Jurnal UNY. (Online). Vol 4 No 12 Tahun 2015. Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/313/285. Diakses tanggal 17 Januari 2018.

Safitri, Yulia.2017. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas XI. Skripsi. Universitas Lampung. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14134. Diakses pada tahun 2017.

Syarif, Kemal. 2014. Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Medan. Skripsi. Universitas Negeri Medan. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/4794/1/Fulltext.pdf.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Tanujaya, W. 2014. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kesejahteraan Psikologis (Psychological well being) Pada Karyawan Cleaner (Studi Pada Karyawan Cleaner Yang Menerima Gaji Tidak Sesuai Standar UMP di PT. Sinergi Intergra Service, Jakarta). (Online). Diambil dari https://journal UniversitasEsaUnggulmedia.neliti.com/media/publications/126322-ID-hubungan-kepuasan-kerja-dengan-kesejahte.pdf. Diakses pada Desember 2014.

Triwahyuningsih, Y. 2017. Hubungan Antara Self Esteem Dan Kesejahteraan Psikologis. (Online) Vol 25 No 1 2017. Diambil dari https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/9382. Diakses pada tahun 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.