Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Pemilihan Karir Siswa

Budi Candra Kurniawan, Syarifuddin Dahlan, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem in this study was the maturity the student’s career choices. The purpose of this study was to determine the correlation between the parenting pattern with the student’s career choices. The research method was product moment analysis. The population is 219 students and the research sample as many as 44 students dertermined by simple random sampling technique. Data collection techniques used parenting pattern questionnaire and students career questionnare. The results showed there was a correlation between the parenting pattern with the student’s career choices with the correlation value rxy 0.402 > rtabel 0.297 at the level of significant 0.05 then Ho rejected and Ha accepted. The conclusion of this research is there was a positive and significant correlation between the parenting pattern with the student career choices in SMA Negeri 1 Sukohajo academic year 2018/2019, it means the greater the parenting pattern is the higher maturity student’s career choices, become.

Masalah dalam penelitian ini adalah adanya kematangan pilihan karir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan pemilihan karir siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis product moment. Populasi sebanyak 219 siswa dengan sampel berjumlah 44 siswa, diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orangtua dan angket pemilihan karir siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan pemilihan karir siswa dengan nilai korelasi rxy 0.402 > rtabel 0.297 pada taraf signifikan 0.05 maka Ho ditolak dan  Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019, artinya semakin tinggi pola asuh orangtua maka semakin matang pemilihan karir siswa.

Kata kunci: Bimbingan konseling, pemilihan karir siswa, pola asuh orangtua.



Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol 7, No 1. https://media.neliti.com/media/publications/121261-ID-pola-asuh-orang-tua-dan-implikasinya-ter.pdf diakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Fasha F., et al. 2015. Pengembangan Model E-Career Untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol 1, No 2. http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK diakses pada tanggal 2 Februari 2018.

Fellasari, F., & Lestari, Y. I. 2016. Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja. Jurnal Psikologi, Vol 12 No 2. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/psikologi/article/download/3234/2034 diakses pada tanggal 6 Januari 2018.

Hartinah, G., et al. 2015. Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol 4, No 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/download/6874/4940 diakses pada tanggal 6 Juni 2018.

Hartono. 2016. Bimbingan Karir. Jakarta: Kencana.

Hidayati, R. 2015. Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol 4 No 1. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/258/257 diakses pada tanggal 8 November 2018.

Lestari, I. 2017. Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJUGANG, Vol 3 No 1. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/859/1061 diakses pada tanggal 18 Januari 2018.

Muslima.2015. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol 1 No 1. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/equality/article/download/781/611 diakses pada tanggal 1 Agustus 2018.

Partino. 2006. Kematangan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi, Vol 11 No 2. https://journal.uii.ac.id/index.php/Psikologika/article/viewFile/281/7381// diakses pada tanggal 5 Maret 2018.

Saifuddin, et al. 2017. Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. Jurnal Psikologi, Vol 4 No 1. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/download/17378/16789// diakses pada 12 Desember 2018.

Sianipar, S. 2005. Pola Asuh Otoritatif Orang Tua Dan Efikasi Diri Dalam Mengambil Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati, Vol 4 No 4. https://media.neliti.com/media/publications// diakses pada 1 Januari 2019.

Sukardi, D. K. 2000. Psikologi Pemilihan Karir. Jakarta: Rineka Cipta.

Sianipar, S. 2005. Pola Asuh Otoritatif Orang Tua dan Efikasi Diri Dalam Mengambil Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati, Volume 4, Nomor 4. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications//. Diakses pada tanggal 1 Januari 2019.

Sukardi, D.K. 2000. Psikologi Pemili-han Karir. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.