Penggunaan Konseling Client Centered untuk Meningkatkan Konsep diri Siswa
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah konsep diri negative siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konseling client centered untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XII IPS 1 Tahun Ajaran 2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group design pre test dan post test, dengan teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Subjk penelitian ini sebanyak 5 siswa kelas XII IPS 1. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan konsep diri terhadap siswa yang diberi layanan konseling client centered. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan konseling cliet centered dapat meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Teladan WayJepara Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci: konseling client centered, konsep diri siswa, meningkatkan
Full Text:
PDFReferences
Afiatin, T., & Martanlah, S. M. 1998. Peningkatan Kepercayaan diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Jurnal penelitian dan Pemikiran Psikologi. Volume 3 Nomor 6. Diambil dari https://doi.org/10.20885/psikologika.vol3.iss6.art6. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019.
Ainur, R. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Pringsewu. STKIP Muhammadiyah. Jurnal Fokus Konseling. Volume 3 Nomor 2. Diambil dari https://doi.org/1026638/JEK.53.2099. Diakses pada tanggal 15 Januari 2018.
Aristiani, R. 2013. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual SMA Negeri 2 Kudus. Jurnal Konseling Gusjigang. Volume 2. Nomor 2. Universitas Muria Kudus. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/717. Diakses pada tanggal 20 November 2018.
Calhoun. & Joan, R. A. 1995. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Corey, G. 2005. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Dwi, R. A. 2011. Penggunaan Pendekatan Clent Centered Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Lampung. Universitas Lampung. Diambil dari http://digilib.unila.ac.id/8675/12/BAB%20I.pdf. Diakses pada tanggal 18 Januari 2018.
Emma, L. 2017. Penggunaan Konseling Client Centered Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas X SMK Kesehatan YPIB Tumijajar Tahun Pelajaran 2016/2017). Jurnal Bimbingan Konseling. Volume. 5 Nomor 4. Lampung. Universitas Lampung. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/13896. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.
Fitri, A. 2012. Penggunaan Pendekatan Client Centered dalam Meningkatkan Konsep Diri Pada Siswa Kelas VII H MTS Negeri Kedondong. Skirpsi. Lampung. Universitas Lampung. Diambil dari https://id.123dok.com/document. Diakses pada tanggal 15 januari 2018.
Hidayat, K. & Khoiruddin, B. 2016. Psikologi Sosial Aku, Kami, dan Kita. Jakarta: Erlangga.
Rahmawati, D. 2013. Hubungan Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi Antara Hardiness dengan Optimisme Pada Mahasiswa. (Tesis). Surabaya. UIN Sunan Ampel. Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13552/. Diakses pada tanggal 20 November 2018.
Wahyudha, D. 2013. Hubungan Antara Penerimaan Diri dengan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Grati Pasuruan. UIN Maula Malik Ibrahim. Malang. Diambil dari http://etheses.uinmalang.ac.id/1777/1/09410118_Pendahuluan.pdf. Diakses pada tanggal 5 Januari 2019.
Wilis, S. S. 2015 Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.