Analisis Perilaku Bullying Siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung

Siti Aminah, Syarifuddin Dahlan, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The research problem was the students bullying behavior. This research aims to analyze the students bullying behavior in SMK Negeri 2 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The method used in this research is Quantitative Descriptive and the data analysis techniques used is Percentage Descriptive Analysis. The technique of collecting data used was the Bullying Behavior Questionnaire. The samples of this researh was 277 students from 1,851 students of SMK Negeri 2 Bandar Lampung. The results showed that 95% (263 students) carried out bullying behavior. The most common form of bullying behavior carried out by the students is verbal bullying, which is done by 87% (243 students). Verbal bullying is done in the form of reproachful behavior by cheering, giving and calling with a negative name and gossiping about the ugliness of others.

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku bullying siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku bullying siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Presentase. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket Perilaku Bullying. Sampel penelitian ini sebanyak 277 siswa dari 1.851 siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95% (263 siswa) melakukan perilaku bullying. Bentuk perilaku bullying yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah bullying verbal yaitu 87% (243 siswa). Bullying verbal yang dilakukan berupa perilaku mencela dengan menyoraki, memberikan dan memanggil dengan nama yang negatif dan bergosip tentang keburukan orang lain

Kata kunci: bullying elektronik, bullying fisik, bullying relasional, bullying verbal, perilaku bullying


Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. 2009. Psikologi Perkembanan: Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Ayu, M. S & Dian R. S. 2015. Konsep Diri Dengan Kecenderungan Bullying Pada Siswa XI SMK. Online. Jurnal Empati Fakultas Psikologi, Volume 4, Nomor 4. Diambil dari http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/download/Konsep.Diri.Dengan.Kecenderungan.Bulying. Diakses pada tangggal 10 Januari 2018.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitan. Bandung: Pustaka Pelajar.

Coloroso, B. 2006. Penindas Tertindas, Dan Penonton (Resep Memutuskan Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU). Online. Jurnal Serambi Ilmu Pustaka. Volume 5 Nomor 4. Diambil dari http://www.-goodreads.com/SM U/6305948-penindas-tertindas-dan-penonton. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Djuwita, R. 2005. Kekerasan Tersembunyi di Sekolah: Aspek-Aspek Psikososial Dari Bullying. Makalah Workshop Bullying: Masalah Tersembunyi Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Online. Jurnal Psikologi, Volume 3 Nomor 3. Diambil dari http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/kekerasantersembunyidisekolahDiakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Febriyanti, S., Esrom K., & Hendro B. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Perilaku Bullying pada remaja SMK Negeri 1 Manado. Online. Jurnal Keperawatan, Volume 3 Nomor 2. Diambil dari http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/Hubungan.polaasuh.orangtua.dengan.perilaku.bullying.SMK1manado. Diakses pada tanggal 20 Januari 2019.

Hasibuan, Rosya L & Wulandari, L H. 2015. Efektivitas Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa SMP Korban Bullying. Online. Jurnal Psikologi Magister Psikologi Profesi, Volume 11 Nomor 2. Diambil dari http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/psikologi/article/Efektifitas.REBT. Diakses pada tanggal 11 Januari 2018.

Muhammad. 2009. Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan Di Sekolah (Studi Kasus Di SMK Kabupaten Banyumas). Online. Jurnal Dinamika Hukum, Volume 9 Nomor 3, Diambil dari http://dinamikahukum.fh.unsoed.ac.id/index.php/JDH/article/view File /234/198. Diakses pada tanggal 20 Januari 2019.

Prasetiawan, H & Said A. 2018. Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muham- madiyah se-Kota Yogyakarta. Online. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Volume 3 Nomor 2. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/pemanfaatan.media.konseling. Diakses pada tanggal 20 Januari 2019.

Purnaningtyas., Laily F & Masykur, A M. 2015. Konsep Diri Dan Kecenderungan Bullying Pada Siswa SMK Semarang. Online. Jurnal Fakultas Psikologi,. Volume 4 Nomor 4. Diambil dari http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/Konsep.diri.dan.Kecenderungan.Bullying. Diakses pada tanggal 11 Januari 2018.

Yandri, H., Daharnis & Nirwana, H. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying Di Sekolah. Online. Jurnal Ilmiah Konseling UNP, Volume 3 Nomor 2. Diambil dari http://www.ejurnal.com/2014/05/pengembangan+modul+bimbingan+dan+konseling+untuk+pencegahan+bullying. Diakses pada tanggal 11 Januari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.