Hubungan Perhatian Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa

Ines Lidya Nandatama, Ratna Widiastuti, Redi Eka Adriyanto

Abstract


The purpose of this study was to determine the correlation between parental attention and students' learning motivation in the tenth grade of Public Senior High School 12  Bandar Lampung academic year of 2018/2019. The study applied descriptive method with product moment analysis. The population consisted of 323 students and a sample of 64 students taken through simple random sampling technique. The data collection techniques were carried out through parental attention scale and learning motivation scale. The results showed that there was a correlation between parental attention and students' motivation with a correlation value of r-count = 0.381> r-table = 0.244 at a significance level of 0.0,5 therefore Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this study is that there is a significant correlation between parental attention and students' learning motivation, it means that the greater the parental attention given to children the higher the students' motivation in learning.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis product moment. Populasi sebanyak 323 siswa dengan sampel berjumlah 64 siswa, diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perhatian orangtua dan skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan anatara perhatian orangtua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi r hitung = 0,381 > r tabel= 0,244 pada taraf signifikansi 0,05 maka Ho ditolak da Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara hubungan perhatian orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019, artinya semakin besar perhatian yang diberikan orangtua pada anak maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, perhatian orangtua, motivasi belajar

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ade, S. 2018. Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga di Desa Karangpakuan Kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1 No 1. Diambil dari http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/idex.php/abdimas.siliwangi/article/viewFile/34/3. Diakses pada tanggal 8 Februari 2018.

Agus & Siti. 2016. Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education). Vol. 4 Nomor 1. Jurnal Paradigma. Diambil dari http://jurnal.mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/download/14123/12864. Diakses pada tanggal 23 Januari 2019.

Ani, E. 2016. Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015 /2016. Jurnal Realita. Vol. 1 No 2. Diambil dari http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php.realita/article/view/708/662. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2018.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Febriyani, Yusri. 2013. Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2 No 1. Diambil dari http://ejournal//unp.ac.id/index.php/konselor/article/viewFile/727/597. Diakses pada tanggal 7 Juli 2018.

Rohinah. 2016. Parenting Educations Sebagai Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Keluarga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Ilmiah. Vol 1 Nomor 1. Diambil dari http://ejournal.uin.suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/download/1248/1140/. Diakses pada tanggal 20 Februari 2019.

Rofiqul. 2016. Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah. Vol 2. Diambil dari http://media.neliti.com/media/publications/196126-ID-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar.pdf. Diakses pada tanggal 29 April 2018.

Sardiman. A. M. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Selfie. D. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Kelas VI SD Inpres Malalayang II Manado. Jurnal Pendidikan. Vol 13 No. 2. Diambil dari http://ejournal.ac.id/index.php/jfp/article/download/529/481. Diakses tanggal 17 Februari 2019.

Siska. 2013. Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo Fakultas FKIP Univeristas Sebelas Maret. Jurnal Media Neliti. Vol 1 No 3. Diambil dari http://media.neliti.com/media/publications/13563-ID-pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajar-siswa.pdf. Diakses pada 4 Juni 2018.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryabrata. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.