Peningkatan Penyesuaian Diri di Sekolah Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa
Abstract
The purpose of the study was to determine the improvement of students' self-adjustment abilities using Group Counseling with Client Centred technique for grade VII students of State JHS 1 Central Tulang Bawang academic year of 2018/2019. The study applied experimental method of the Pretest-Posttest One-Group design. The research subjects consisted of 6 students with low self-adjustment abilities. The data collection techniques were done using scale of adjustment and structured observation. The results showed that students' self-adjustment abilities could be improved using Group Counseling Services with client-centred technique. The results of data analysis showed that the pre test and post test t-calc = -2.207 <t table 0.05 = 1.645. The hypothesis of Ha is accepted, meaning that the adjustment ability of grade VII students of State JHS 1 Central Tulang Bawang academic year of 2018/2019 could be improved using the Group Counseling Service with client-centred technique. The conclusion revealed that there is an increase in students' self-adjustment ability before the treatment of Group Counseling Service with client-centred technique and after being given treatment of Group Counseling Service with client-centred technique for grade VII students of State JHS 1 Central Tulang Bawang academic year of 2018/2019.
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan penyesuaian diri siswa menggunakan Konseling Kelompok dangan teknik Client Centred pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah metode eksperimen desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa dengan kemampuan penyesuaian diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dan observasi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan Layanan Konseling Kelompok dengan teknik client centred. Terbukti dari hasil analisis data pre test dan post test thitung = -2,207< ttabel0,05 = 1,645. Maka Ha diterima, artinya kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan dengan menggunakan Layanan Konseling Kelompok dengan teknik client centred. Kesimpulannyaadalah terdapat peningkatan kemampuan penyesuaian dirisiswa sebelum diberi Layanan Konseling Kelompok dengan teknik client centred dan setelah diberi Layanan Konseling Kelompok dengan teknik client centred pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: konseling kelompok, penyesuaian diri, teknik client centred
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Faridah, Y. N dan Hariastuti, R.T. 2009. Strategi Pengubahan Pola Pikir untuk Mengurangi Kecemasan Siswa mengemukakan Pendapat. Diambil dari http://ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/6.artikel_yuni_dan_titut.pdfhttp://ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/6.artikel_yuni_dan_titut.pdf. Diakses pada tanggal 22 Januari 2013.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandaryah, Aulia. 2005. Remaja dan Masalahnya. Makalah. Bandung: Universitas Pajajaran. Diambil dari http://www.digilib.unpad.ac.id.
Kusdiyati, Sulisworo dan Lilim Halimah Faisaluddin. 2011. Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Jurnal Humanitas, Vol. VIII No.2. Hal 172-194. Diambil dari http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/463.
Nana, Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurfuad, Achlis. 2013. Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Ling-kungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Viii B SMP N 2 Juwana Tahun 2012/2013. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Online. Diambil dari http://lib.unnes.ac.id/17867/1/1301408048.pdf. Diakses pada tanggal 22 Desember 2016.
Partono. 2004. Pengaruh Layanan Kon-seling Kelompok terhadap Pengembangan Kecerdasan Emosional (Penelitian Eksperimen pada Siswa SMK Negeri 8 Semarang). Skripsi. Surabaya: UNNES. Diambil dari http://www.digilib.unnes.ac.id.
Siti Maryam, Atik. 2002. Keefektifan Konseling Kelompok Dalam Me-ningkatkan Kepercayaan Diri Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Ungaran). Skripsi. Surabaya: UNNES. Diambil dari http://www.digilib.unnes.ac.id.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.