Analisis Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Seni Tari FKIP Universitas Lampung

Kusdiana Safitri, Shinta Mayasari, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem in this study is employability of the final-year students in the Dance and Art Education Study Program. The purpose of this research is to find out the analysis descriptive of employability students in the Dance and Art Education Study Program Faculty of Teacher Training And Education University of Lampung. The population of this study was the final-year students in the seventh semester of the Dance and Art Education Study Program at the Faculty of Teacher Training and Education Lampung University. The samples of this research were 40 students. This type of research uses quantitative descriptive method. Data collection techniques are questionnaires. The results of this study shows that 80% of final-year students of the Dance and Art Education Study Program, their employability was high and 20% were medium level.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir Prodi Pendidikan Seni Tari. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui gambaran deskriptif tingkat kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir pada Program Studi Pendidikan Seni Tari FKIP Universitas Lampung. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Tingkat Akhir pada semester tujuh keatas program studi pendidikan seni tari FKIP universitas Lampung. Sampel dari penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket.  Hasil dari penelitian ini sebesar 80% mahasiswa tingkat akhir program studi seni tari kesiapan kerjanya berada tingkat tinggi dan 20% berada di tingkat sedang.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, kesiapan kerja, soft skill, pendidikan seni tari


Full Text:

PDF

References


Amalee, I. 2016. Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Deepublish.

Dwi A. S. 2014. Faktor Yang Mempengaruhi Unsafe Action Pada Pekerja. Jakarta: Universitas Airlangga. Diambil dari https://www.google.co.id/searchsafe=strict&ei=SazGW5yQHZa8rQH94IsIq=jurnal+penelitian+deviti+2013&oq=jurnal+penelitian+deviti+2013. Diakses pada tanggal 18 Mei 2018.

Ihsan, M. 2017. Pengaruh Enviromental Performance and Disclosure Terhadap economic Perfomance. Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah. Diambil dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/38590/2/MUHAMMAD%20IHSAN-FEB.pdf. Diakses pada tanggal 17 Mei 2018.

Laila, N. 2010. Analisis Faktor Kesiapan Kerja. Semarang. UNS. Diambil dari http://jurnal.uns.ac.id/cmes. Diakses pada tanggal 12 November 2018.

Nevid, Jeffrey S., Spencer. A. Rathus, dan Greene, Beverly. 2005. Psikologi Abnormal. Terjemahan Tim Psikologi Universitas Indonesia. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nurrilah, S.A. 2017. Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Tasikmalaya. UM Taksimalaya. Diambil dari http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.

Pool, L. D., & Sewell, P. 2007. The Key to Employability: Developing a Practical Model of Graduate Employability.

Prabawati, E. 2012. Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas Xii Program Keahlian Akuntansi Smk Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari http://scholar.google.co.id/scholarq=jurnal+tentang+kesiapan+kerja&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart. Diakses pada tanggal 24 Agustus 2018.

Pratidina, G. 2015. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Fakultas Psikologi UM Surakarta. Diambil dari http://eprints.ums.ac.id/36544/3/02.%20Naskah%20Publikasi.pdf. Diakses pada tanggal 15 Mei 2018.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sucipto. 2017. Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Dr Soetomo. Diambil dari http://www.researchgate.net/publication/320913562_Pengembangan_Ketrampilan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_dengan_Menggunakan_Strategi_Metakognitif_Model_Pembelajaran_Problem_Based_Learning. Diakses pada tanggal 12 November 2018.

Tiara, F. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6075. Diakses pada tanggal 12 November 2018.

Wahyu K.P. 2014. Pengaruh Kepribadian Terhadap Kerjasama Tim Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/327773424_Pengaruh_Kepribadian_terhadap_Kerjasama_Tim_dan_Dampaknya_terhadap_Kinerja_Karyawan. Diakses pada tanggal 17 Mei 2018.

Yudi, G. D., dan Hudaniah. 2013. Self Efficacy Dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Malang. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Diambil dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1356. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.