Analisis Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir BK dan Penjaskesrek

Hani Nurrofifah, Ratna Widiastuti, Shinta Mayasari

Abstract


This study aimed to analyze of employability on final-year students of the Guidance and Counseling and Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education University of Lampung. This research method was quantitative descriptive, with the technique analyze of percentage and Rasch model. The sample of this research from the Guidance and Counseling were 49 students, while from the Physical Education were 32 students. The results showed that Guidance and Counseling and Physical Education students had high employability results, namely at 91% for Guidance and Counseling and the Physical Education get 86%, then what needs to be improved the final-year students from the Guidance and Counseling  is high order thinking skills, while the Physical Education self control. Because most of the results of the scale show high, it can be concluded that the work readiness soft skills for the final-year students from the Guidance and Counseling and the Physical Education are high.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soft skills kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi BK dan Penjaskesrek FKIP Unila. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisis data Persentase dan Rasch model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa program studi BK dan Penjaskesrek memiliki hasil kesiapan kerja yang tinggi, yaitu BK 91% dan Penjaskesrek mendapatkan hasil 86%, lalu yang perlu ditingkatkan pada mahasiswa tingkat akhir BK yaitu high order thinking skills sedangkan Penjaskesrek self control. Karena sebagian besar hasil skala menunjukkan tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa soft skills kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi BK dan Penjaskesrek tinggi. 

Kata kunci: bimbingan dan konseling, kesiapan kerja, penjaskesrek


Full Text:

PDF

References


Amalee, I. 2016. Program Kesiapan Kerja bagi Siswa SMK. Bandung: Save The Children.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Edisi 7. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hartono, & Soedarmadji, B. 2012. Psikologi Konseling, Edisi Revisi. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.

Husdarta, J.S & Kusmaedi, N. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik: Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Liansoro, A. 2016. Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani: Analisis dari Perspektif Manajemen. Bandung: Jurusan Jasmani dan Olahraga FPOK-UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Vol. 4, No. 2, hal. 34. Diambil dari: http://jurnal.upi.edu/penjasor/view/342/kompetensi-guru-pendidikan-jasmani:-analisis-dari-perspektif-manajemen.html. Diakses pada tanggal 18 Februari 2018.

Mu’arifin. 2009. Hakikat Pendidikan Jasmani: Landasan Filosofis dan Model Pembelajarannya. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press). Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol. 26, No. 1, hal. 15. Diambil dari https://scholar.google.com/citations?user=d98xfR8AAAAJ&hl=id. Diakses pada tanggal 18 Februari 2018.

Nurillah, L.S.A. 2017. http://scholar.google.com/scholar?cluster=15973467334622222608&hl=en&oi=scholarr Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, Volume: 1 Issue:1, Page(s): 67-85. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/225024-program-bimbingan-karir-untuk-meningkatk-471871d0.pdf. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2018.

Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Pool, L.D., & Sewell, P. 2007. The Key To Employability: Developing A Practical Model of Graduate Employability (Education + Training, Vol. 49 Issue: 4, pp. 277-289). Center for Employability, University of Central Lancashire, Preston, UK. Diambil dari https://www.sheffield.ac.uk/polopoly_fs/1.18900!/file/UCLAN-model-of-graduate-employability.pdf. Diakses pada tanggal 12 November 2017.

Robert, P. B. 2009. Work Readiness Inventory Administrastartor’s Guide. Siena Heights University, Adrian, Michigan, USA. Jurnal diambil dari https://jist.com/wp-content/uploads/2016/05/work-readiness-inventory-administrators-guide.pdf. Diakses tanggal 29 Januari 2018.

Sinarwati. 2013. Penerapan pembelajaran kooperatif berdasarkan tri kaya parisudha untuk meningkatkan soft skills mahasiswa. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 46, Nomor 3, hlm. 229-237. Diambil dari : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/4225/3296. Diakses pada tanggal 14 November 2018.

Sucipta, I Nyoman. 2009. Holistik Soft Skills. Denpasar: Udayana University Press. Diambil dari: http://library.ukdw.ac.id/main/opac/index.php?p=show_detail&id=44516. Diakses pada tanggal 18 Juli 2018.

Sudiana. 2010. Peningkatan Kualitas Lulusan Melalui Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam Lokakarya Soft Skills Implementasi PHK-I STIE Triatma Mulya Dalung Badung, 29 Januari.

Sumintono, B. & Widhiarso, W. 2014. Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Edisi Revisi). Bandung: Publishing House.

Walgito, B. 2010. Bimbingan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Winarno, M.E. 2006. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang. Jurnal Iptek Olahraga, Vol. 2, No. 8, hal. 82-90. Diambil dari https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&hl=id&cites=15973467334622222608&as_sdt=5. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.