Analisis Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir

Maya Zunita, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of this research was to find out the final-year students’ employability. This is quantitative descriptive research. The descriptive percentage and Rasch Model were used as the techniques. The sample of this research was the final-year students’ of departement language and arts education program, especially the Indonesian and Literature, English, and French Education students. The total number of the sample was 77 students. The instruments of this research were the employability scale. The result showed that the level of the final-year students’ employability of Indonesian and Literature  (84%), English (94%) and French Education study program (93%) was generally high. This indicated that the employability at the final-year students’of Indonesian and Literature, English, and French Education study program was generally into high category.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisis data deskriptif prosentase dan Rasch model. Sampel penelitian sebanyak 77 mahasiswa yang diambil dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Prancis. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kesiapan kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (84%), Bahasa Inggris (94%), dan Bahasa Prancis (93%) yang dapat dikategorikan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Prancis termasuk dalam kategori tinggi.

Kata kunci: bimbingan konseling, kesiapan kerja, mahasiswa

 


Full Text:

PDF

References


Calhoun, J. F. 2010. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (terjemahan oleh Satmoko, R.S) Edisi ketiga. Semarang: IKIP Semarang.

Illah, Sailah. 2008. Pengembangan Soft Skill di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi.

Kellerman, P dan Sagmeister, G. 2000. Higher Education And Graduate Employment In Austria. Europen Journal Of Education, Volume: 3, Issue: 2, Page(s): 157-164.

Muslimin. 2011. Perlunya Inovasi dalam Pembalajaran Bahasa: Solusi Mengatasi Problem Klasik Pengajaran Bahasa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, Issn 2088-6020, Vol. 1, No. 1.

Mu’tadin, Z. 2002. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja. Jurnal Penelitian, Vol. 6, No. 2, hal 51-62. Diambil dari: http://www.e-psikologi.com/050602.htm. Diakses pada tanggal: 10 Mei 2018.

Nurhaniah, N. 2003. Prestasi Belajar dan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Perencanaan, Vol. 20, No. 1, hal. 35-46. Diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/10373/1/JURNAL.pdf. Diakses pada tanggal: 16 September 2017.

Pool, L. D dan Sewell. P. 2007. The Key To Employability: Developing A Practical Model Of Graduate Employability. Journal pdf Education And Training, Volume: 49, Issue: 4, Page(s): 277-289. Diambil dari: http://www.emeraldinsight.com/doi/pdfplus/10.1108/00400910710754. Diakses pada tanggal: 2 Oktober 2017.

Rubenfeld, M.G. 2006. Berpikir Kritis (terjemahan oleh Fruriolina, Ariani) Edisi Kedua. Jakarta: EGC.

Santoso, S.W. 2011. Keterlibatan, Keberhargaan, dan Kompetensi Sosial sebagai Prediktor Kompetensi pada Remaja. Jurnal Psikologi, Vol. 38, No. 1, hal. 52-60. Diambil dari: http://jurnal.psikologi.ugm.ac.id/index.php/fpsi/article/.../11. Diakses pada tanggal: 15 Aagustus 2018.

Sasono. 2004. Mengelola Stres Kerja. Jurnal Fokus Ekonomi, Vol. 3, No. 2, hal. 305-320. Diambil dari: http://www.mengelola-stresskerja/journal-Eko_-Sasono.pdf. Diakses: tanggal 11 Agustus 2018.

Steel, P. 2007. The nature of procrastination: A meta-analytic and theoritical review of quintessential self-regulatory failure. Journal Psychological bulletin, Volume: 133, Issue: 1, Page(s): 65-94. Diambil dari: http://studiemetro.auinstallation29.cs.au.dk/fileadmin/www.studiemetro.au.dk/Procrastination_2.pdf. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2018.

Ward, V.G. & Riddle, D.I. 2004. Maximazing Employment Readiness. Journal Education and Training, Volume: 3, Issue: 6, Page(s): 153-175. Diambil dari: http://contactpoin.ca//natcon-conat/2004/pdf. Diakses :Tanggal 4 Juni 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.