Analisis Tingkat Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan MIPA
Abstract
The problem of this research was employability. The aim of this research was to investigate the level of the students' employability at the final-year of math and science education, teacher training, and education faculty, university of lampung. The quantitative descriptive method was used in this research. The population of this research were the final-year students of math and science education which consisted of 454 students, and the sample were 115 students which were selected by using the simple random sampling. The employability questionnaire was used as the instrument. The result indicated that the employability at the final-year students of math and science education was high with 90,4 %. There was a element of the employability was still poor in the final-year students of math and science education, that was self control. It could be concluded that the employability of the final-year students of math and science education, teacher training, and education faculty in university of lampung was high.
Masalah dalam penelitian ini adalah Kesiapan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir dijurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Unila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 454 mahasiswa dan sampel penelitian sebanyak 115 mahasiswa, Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kesiapan kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan kerja mahasiswa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Unila dapat diketegorikan tinggi yaitu (90,4)%. Terdapat unsur keterampilan kesiapan kerja (soft skills) pada mahasiswa tingkat akhir yang rendah yaitu unsur pengendalian diri (self control). Dapat disimpulkan bahwa kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir dijurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Unila adalah tinggi.
Kata kunci: kesiapan kerja, keterampilan kerja, mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Agusta. 2015. Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Di Universitas Mulawarman. Jurnal Psikologi. Volume 2. No 4. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id2015/02/11-38%29.pdf. Diakses Pada 2 November 2017.
Gunawati. 2006. Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswadosen Pembimbing Utama Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi.Vol 3. No. 2 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/659/533
Diakses Pada 4 November 2017.
Khumaeroh. 2017. Penyusunan Skala Sikap Peserta Didik Terhadap Matematia Dengan Penerapan Model Rasch. Jurnal Pendidikan MIPA. Volume 1. No 1. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp. Diakses Pada Tanggal 10 Januari 2018.
Ghufron & Risnawati. 2010. Teori-Teori Psiokologi. Jogyakarta : Ar-ruzz Media
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis & Riset Komunikasi. Bandung : Rineka Cipta.
Lippman. 2015. Program Kesiapan Kerja bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Save The Children.
Marwanti. 2005. Studi Tentang Soft Skill Dan Kesiapan Kerja Sebagai Tenaga Kerja Profesional Bidang Boga Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Volume 2. No 1. Diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/7665/3/bab%202%20-%2008108244120.pdf Diakses Pada 4 November 2017.
Khoiri. 2016. Pendidikan PAUD Kebijaksanaan Lokal untuk Menumbuhkan Kemandirian Siswa (Studi Kasus Pengembangan RKH Pada Pembelajaran IPA). Volume 5. No 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/11271 Diakses Pada Tanggal 10 Januari 2018.
Muhid, A. 2009. Hubungan Antara Self-Control dan Self-Efficacy dengan Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah. Vol,18. http://www.librarygunadarma.com. Diakses Pada 4 November 2017.
Rifai. 2015. Kesiapan Soft Skills Siswa Smk N 5 Semarang Untuk Memasuki Dunia Kerja.. Jurnal Pendidikan. Volume 2. No 1. Diambil dari :http://eprints.uns.ac.id/7665/3/bab%202%20-%2008108244120.pdf=. Diakses Pada 2 November 2017.
Tetan. 2013. Hubungan Antara Self Esteem Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 2. No 1 . https://media.neliti.com/media/publications/187141-ID-hubungan-antara-self-esteem-dan-prokrast.pdf. Diakses Pada Tanggal 30 November 2017.
Wahyu. 2015. Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Wonosari. Jurnal Pendidikan. Diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/25380/. Diakses Pada Tanggal 30 September 2017.
Wijayanti, R., & Zulaifah, E. 2008. Hubungan Antara Efikasi Core Skills Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/1289: Diakses Pada Tanggal 21 September 2017.
Zubaidah. 2011. Pembelajaran Sains (IPA) Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan. Volume 3. No 2 Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/318040732. Diakses Pada 2 November 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.