Analisis Perilaku Bullying Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku bullying siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku bullying yang dilakukan siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 197 siswa, sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan bantuan program microsoft excel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perilaku bullying dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,97% (193 siswa) siswa melakukan perilaku bullying. Bentuk perilaku bullying yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah bullying relasional, yaitu 91,88% (181 siswa).
Kata kunci: bullying elektronik, bullying fisik, bullying relasional, bullying verbal, perilaku bullying
Full Text:
PDFReferences
Arya, L. 2018. Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Mojokerto: Sepilar.
Coloroso, B. 2002. The Bully, The Bullied, and The Bystander: From Preschool to High School-How Parents and Teacher Can Help Break the Cycle of Violence. Diambil di https://books.google.co.id/books.id.How+Parents+and+Teacher+Can+Help+Break+the+Cycle+of+Violence. Diakses tanggal 03 Januari 2018.
Diestika, Y. 2015. Hubungan Antara Kelekatan Tidak Aman Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diambil di http://eprints.ums.ac.id/37465/. Diakses 25 Januari 2018.
Geldard. K. 2012. Konseling Remaja: Intervensi Praktis Bagi Remaja Berisiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iannotti, Ronald J., Wang J., dan Nansel T. 2009. School Bullying Among Adolescents in the United States: Physical, Verbal, Relational, and Cyber. Online. Journal of Adolescent Health Volume 45, No. 4, page 368-375. Diambil di https://www.researchgate.net/publication/26824405. Diakses pada 08 September 2018.
Karina; Dwi H., dan Alfiasari. 2013. Perilaku Bullying dan Karakter Remaja Serta Kaitannya Dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Jurusan Ilmu Keluarga & Konseling Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Vol.6 No.1, Hal.20-29. Diambil di: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/7700/5963. Diakses tanggal 09 September 2018.
Kim, Y.S., Koh, Y.J., dan Leventhal, B.L. 2004. Prevalence of school bullying in Korean middle school students.Arch Pediatr Adolesc Med, Volume 158 No. 8, page 737-731. Diambil di : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15289244. Diakses tanggal 08 September 2018.
Kustanti, E.R. 2015. Gambaran Bullying pada Pelajar di Kota Semarang.Jurnal Psikologi Undip Vol.14 No.1 April 2015, 29-39. Diambil di https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9796, Diakses tanggal 09 September 2018.
Marcum, C.D, George E. H., dan Tina L.F. 2012. Battle of The Sexes: An Examination of Male and Female Cyber Bullying. International Journal of Cyber Bullying, Vo.6 No.1, Hal.904-911. Diambil di http://www.cybercrimejournal.com/marcumetal2012janijcc.pdf. Diakses tanggal 09 September 2018.
Purnaningtyas, Laily F. M., dan Achmad M.2015. Konsep Diri dan Kecenderungan Bullying Pada Siswa SMK Semarang. Jurnal Empati 4 (4) Universitas Diponegoro.https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14317/13849. Diakses pada tanggal 27 Januari 2018.
Putri, Nauli, dan Novayelinda. 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. JOM (Studi Prodi Keperawatan) Universitas Riau, Vol.2 No.2, Halaman149-1159. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/187389. Diakses tanggal 27 Januari 2018.
Sitasari, N. W. 2017. Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau dari Jenis Kelamin. Laporan Penelitian Internal Universitas Esa Unggul. Tersedia di http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Research-9436-16_0060.pdf, Diakses tanggal 2 Februari 2018.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.