Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif

Fitri Fidyah, Muswardi Rosra, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The research issue was the lowness of students assertive behavior. The research problem was whether the group counseling with sociodrama technique can improve the students' assertive behavior at the tenth grade of SMAN 11 Bandar Lampung in academic year 2017/2018”. The aims of the study was to find out whether there was an improvement of students' assertive behavior before and after the students were taught through group counseling with sociodrama technique. One group pre-test and post-test was used as the design of the research. The subject of the research was 6 students of the tenth grade who had low and medium assertive behavior. The Likert scale of students' assertive behavior was employed to collect the data. The data were analyzed by using Wilcoxon’s test.

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku asertif siswa rendah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah konseling kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018”. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. One Group Pretest-Posttest digunakan sebagai design penelitian. Subjek penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang memiliki perilaku asertif rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon.

Kata kunci: konseling kelompok, teknik sosiodrama, perilaku asertif


Full Text:

PDF

References


Alberti, R dan Emmons, M. 2002. Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Apriyanti, R. 2017. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Play Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa (Jurnal Bimbingan Konseling), http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 3 April 2018.

Arliani, L. 2013. Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif (jurnal Bimbingan Konseling),http://jurnal.fkip.uns.ac.id/, di akses 3 April 2018.

Dewi, K. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMP N 25 Semarang T.A 2015/2016 ( Jurnal Bimbingan Konseling),http://jurnal.unnes.ac.id, diakses 3 April 2018.

Pambudi, A.T. 2016. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Dengan Guru SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016 (Jurnal Bimbingan Konseling),http://jurnal.unnes.ac.id, diakses 4 April 2018.

Prawitasari, J. E. 2011. Psikologi Klinis Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta : Erlangga.

Sari, N. W. 2014. Pengaruh Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa (Jurnal Bimbingan Kelompok), http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 3 April 2018.

Setyowati, P. A. 2014. Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Kartika III-I Banyu Biru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Jurnal Bimbingan Konseling),http://jurnal.uksw.edu, diakses 4 April 2018.

Susilowati. 2013. Pengaruh Metode Role Play Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Asertif (Jurnal Bimbingan Konseling), http://jurnal.unj.ac.id/, diakses 4 April 2018.

Wuri, H. R. 2015. Efektifitas Teknik Role Play Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Anggota OSIS SMP N 1 PAKEM (Jurnal Bimbingan Kelompok), http://jurnal.unj.ac.id/, diakses 3 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.