Peningkatan Sikap Terhadap Purpose In Life Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Games
Abstract
The problem of this research is attitude towards purpose in life. The problem is “whether the group guidance for game simulation techniques can improve students positive attitude towards purpose in life. The objective of the research is to improve students positive attitudes towards psychological well-being, especially the dimension of purpose in life in class XI students of SMA Negeri 9 Bandar Lampung . The quasi eksperimen design untreated control group design with dependent pre-test and posttest was used in this method. The subject of the research were 10 experimental group and 10 control group. Data collection techniques use a purpose in life scale. The results showed that attitudes towards the purpose in life of students in schools could be improved through group guidance techniques for games simulation techniques, this was shown by the Mann Whitney test results. The results obtained showed value (Sig.) 0,000 < 0,05 the Ho was rejected by Ha accepted. The conclusion is that the attitude of students of students towards purpose in life can be increased using group simulation techniques for game simulation techniques in class XI of SMA Negeri 9 Bandar Lampung Academic Year 2017/2018.
Masalah penelitian ini adalah sikap terhadap purpose in life. Permasalahannya adalah “apakah layanan bimbingan kelompok teknik simulasi games dapat meningkatkan sikap positif terhadap purpose in life pada siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap terhadap kesejahteraan psikologis khususnya pada dimensi purpose in life pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen desain untreated control group design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen 10 orang dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap tujuan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap tujuan hidup siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi games, hal ini ditunjukkan hasil uji Mann Whitney. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulannya adalah sikap positif terhadap purpose in life dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi games pada siswa kelas XI di SMAN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok teknik simulasi games, tujuan hidup
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, Nur & Yaqin Ainul. 2012. Penerapan teknik permainan simulasi pada materi kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Jurnal Unikama (Online). (http://ejournal.unesa.ac.id/article/8388/99/article.pdf). Diakses tanggal 5 Januari 2018 pukul 22.03 WIB.
Angraini, Tania Puspa. 2014. Hubungan antara psikologikal will being dan kepribadian hardiness dengan stress pada petugas port security. Jurnal UNESA (Online).(http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/14329/17/article.pdf). Diakses pada tahun 2014.
Erlangga,Erwin. 2017. Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Journal UNES Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon Semarang(Online).(https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/download/1332/950). Diakses pada bulan Juni 2017.
Melianasari, Dewi. 2015. Penerapan bimbingan kelompok melalui teknik permainan simulasi dan untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Jurnal UPI (Online).(http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/download/3880/2755). Diakses tanggal 5 Januari 2018 pukul 22.03 WIB.
Ryff, C.D. 2014. Psychological Well-Being Revisited : Advances in the Science and Practice of Eudaimonia. Journal of Psychotherapy and Psychosomatics, 83: 10-28.
Sari, Brilianta Rahmawati. 2015. Tingkat psikologis will being pada remaja pantisosial bina remaja yogyakarta. Jurnal UNY (Online).(http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/3/285). Diakses tanggal 17 Januari 2018 pukul 19.30 WIB.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tanujaya, Winda. 2014. Hubungan kepuasan kerja dengan kesejahteraanpsikologis (Psychological Well Being) pada karyawan cleaner. Jurnal Universitas Esa Unggul (Online).(https://media.neliti.com/media/publications/126322-ID-hubungan kepuasan-kerja- dengan-kesejahte.pdf). Diakses Desember 2014.
Triwahyuningsih, Yeni. 2017. Kajian Meta-Analisis Hubungan antara Self Esteem dan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal UGM (Online).(https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/9382/17450). Diakses pada tahun 2017.
Wulandari, Safitri. 2016. Hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan penyesuain diri siswa kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi (Online).(http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/505/404). Diakses pada tahun 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.