PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR
Abstract
The purpose of this study to determine the students increased self-confidence after the group counseling services to students of class VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. The subjects of this study six students class VII SMP KARTIKA II-2 Bandar Lampung who have low confidence in learning. The results showed that
students' self-confidence has increased significantly after the administration of guidance services group. It is shown from the results obtained pretest and posttest count Z = -2.201 and Z tables = 0. Because Z count ≤ Z table, then Ho is rejected and
Ha is accepted, it means that there is a difference significance level of 5% between the confidence scores of students before and after a given group counseling services to research subjects. Conclusions of this research, student confidence in learning can
be enhanced through group counseling services at the Junior High School eight grade students KARTIKA II-2 Bandar Lampung in the Academic Year 2012/2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP KARTIKA II-2 Bandar Lampung . Subyek penelitian ini enam orang siswa kelas VII SMP KARTIKA II-2 Bandar Lampung yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan signifikan dengan taraf signifikansi 5% setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2,201dan Z tabel = 0. Karena Z hitung ≤ Z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini, Kepercayaan diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP KARTIKA II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling, percaya diri
Full Text:
PDFReferences
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia
Giyono. 2010. Bimbingan dan konseling di Sekolah. Bandar Lampung.Universitas Lampung
Hakim, Thursnan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta.Puspa Swara.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Gahlia Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, D.K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.